Penyebab Saluran Closet yang Menuju Septic Tank Tersumbat

Penyebab Saluran Closet yang Menuju Septic Tank Tersumbat

Closet merupakan bagian yang penting dari sebuah rumah sehingga keberadannya harus dipastikan berfungsi normal dan bebas dari mampet atau tersumbat. Sebuah closet akan berfungsi dengan baik jika dilengkapi dengan saluran dan septic tank. Jika salah satu bagian tersebut bermasalah maka bisa mengganggu aktivitas Anda maupun anggota keluarga. Salah satu masalah yang sering dialami yaitu saluran closet yang tersumbat. Dalam artikel ini akan dijelaskan penyebab saluran closet yang menuju septic tank tersumbat agar Anda lebih mudah menemukan solusinya.

Penyebab Saluran Closet yang Menuju Septic Tank Tersumbat
Penyebab Saluran Closet yang Menuju Septic Tank Tersumbat
Penyebab Saluran Closet Tersumbat

Saluran closet memiliki peran yang sangat penting agar proses pembuangan kotoran dari closet menuju septic tank berjalan lancar. Jika saluran ini tersumbat biasanya akan menimbulkan closet mampet sehingga limbah kotoran sulit untuk dibuang ke septic tank. Tetapi banyak orang yang belum tahu apa yang menyebabkan saluran closet tersebut tersumbat. Padahal dengan mengetahui penyebab saluran closet yang menuju septic tank tersumbat, Anda bisa lebih mudah menentukan cara mengatasinya.

Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab saluran closet tersumbat yang perlu Anda ketahui.

  1. Septic tank penuh

Septic tank biasanya dibangun dengan dua ruang sehingga bisa menampung lebih banyak limbah kotoran. Biasanya limbah kotoran tersebut akan mengendap pada ruang pertama serta lama kelamaan menjadi mengendap sebagai lumpur tinja. Jika volume lumpur tinja pada ruang pertama telah penuh maka saluran closet akan tersumbat. Bahkan air yang disiram ke closet akan lambat mengalir dan feses tidak tenggelam dari closet.

  1. Lubang ventilasi tersumbat

Lubang ventilasi pada septik tank berguna untuk melepas tekanan udara dari dalam tangki. Ventilasi tersebut juga berguna untuk melepas gas metana yang terbentuk oleh proses anaerobic.

Untuk pipa ventilasi tersumbat dapat dicek dengan meletakkan tangan pada bagian atas lubang pipa. Jika tangan Anda merasakan hangat dan terasa ada aliran udara maka pipa ventilasi tersebut sedang memiliki kondisi normal.

  1. Sumbatan di badan pipa atau leher

Tersumbatnya saluran closet dapat disebabkan oleh sumbatan di bagian leher angsa atau saluran dari closet ke septic tank.

  1. Membuang sampah ke closet

Penyebab saluran closet yang menuju septic tank tersumbat yaitu pembuangan sampah secara sembarangan ke lubang closet. Kebiasaan membuang sampah seperti tisu, plastik bekas sampo, puntung rokok dan lain-lain bisa menyebabkan saluran closet tersumbat. Cara mengatasi masalah penyumbatan ini dapat dilakukan dengan memakai kawat atau plunger.

  1. Sampah non organik lain

Sampah non organik seperti popok bayi dan pembalut bisa menyebabkan saluran closet menjadi tersumbat. Mainan anak-anak juga bisa menjadi bahan non organik yang memicu penyumbatan pada saluran closet. Mainan tersebut bisa dimasukkan oleh anak-anak ke lubang closet. Benda-benda tersebut memiliki tekstur yang padat sehingga harus segera diambil dengan plunger agar tidak menghambat saluran closet.

  1. Benda organik

Saluran closet menuju ke septic tank yang terseumbat bisa disebabkan oleh benda organik akibat pemakaian closet selama bertahun-tahun lamanya. Sumbatan tersebut dapat berupa lumut, dan lumpur tinja yang sudah mengeras dalam jangka panjang. Selain itu, benda organik lainnya yang bisa memicu penyumbatan yaitu sisa rambut yang menumpuk karena kebiasaan keramas di kamar mandi yang lokasinya menyatu dengan closet.

Dengan mengetahui penyebab saluran closet yang menuju septic tank tersumbat maka Anda bisa segera melakukan beberapa upaya mengatasi masalah penyumbatan tersebut. Namun jika penyumbatan tersebut tidak kunjung berkurang, sebaiknya segera hubungi jasa sedot WC yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *