Cara Agar Septic Tank Bisa Tahan Lama

Cara Agar Septic Tank Bisa Tahan Lama

Ketika Anda membangun sebuah rumah, hal pertama kali yang memang harus dipikirkan adalah dengan mencoba untuk menentukan titik dimana Anda akan membangun sebuah septic tank sebagai media pembuangan. Tindakan ini sangat penting dilakukan sebagai bentuk cara untuk menciptakan sebuah hunian yang memiliki sanitasi sehat. Tidak mengherankan jika kemudian banyak orang yang mencari tahu cara agar septic tank bisa tahan lama sebagai solusi tempat pembuangan yang sesuai standard.

Mengenai pembuatan septic tank yang tahan lama memang terbilang tidak mudah ketika Anda sendiri tidak memiliki dasar pengetahuan bagaimana membuat septic tank yang sesuai dengan ketentuan.

Cara Agar Septic Tank Bisa Tahan Lama
Cara Agar Septic Tank Bisa Tahan Lama

Sebagai solusi, banyak orang yang kemudian lebih memilih untuk memanfaatkan jasa pembuatan septic tank profesional dan berpengalaman. Melalui pemanfaatan jasa tersebut, maka sebuah septic tank akan bisa bertahan hingga puluhan tahun tanpa menimbulkan berbagai permasalahan yang siginifikan.

Solusi Agar Septic Tank Bisa Bertahan Dalam Waktu Yang Lama

Sebuah septic tank yang bisa bertahan lama akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya, mulai dari penghematan biaya perawatan hingga minimnya permasalahan yang muncul. Oleh sebab itu, sebagai langkah awal, pastikan Anda memahami beberapa hal berikut ini sebagai bentuk cara yang bisa dilakukan agar septic tank Anda bisa tahan lama.

  1. Perhatikan kemiringan pipa yang digunakan

Untuk Anda yang menginginkan kondisi septic tank yang tahan dalam waktu lama, maka cara agar septic tank bisa tahan lama yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan kemiringan dari pipa yang digunakan. Hal ini sangat penting ketika Anda menempatkan pipa pada posisi yang sesuai dengan tingkat kemiringan yang tepat, maka semua proses pembuangan akan berlangsung lebih lancar dan pastinya kondisi ini akan berpengaruh pada ketahanan dari septic tank itu sendiri.

  1. Pilih jenis pipa yang sesuai dengan kebutuhan

Tidak kalah pentingnya lagi, untuk Anda yang menginginkan septic tank tahan lama, pastikan Anda tidak mengabaikan pentingnya pemilihan jenis pipa itu sendiri. Disebutkan bahwa sebuah pipa dengan ukuran diameter 4 inchi menjadi sebuah pertimbangan yang tepat. Jika Anda memiliki banyak kamar mandi, pastikan juga untuk memilih ukuran pipa yang jauh lebih besar sehingga saluran tersebut nantinya tidak akan mampet dan pastinya tahan lama.

  1. Buat septic tank dengan menyesuaikan kapasitas orang

Untuk membuat septic tank tahan dalam waktu yang lama, maka cara agar septic tank bisa tahan lama yang bisa dilakukan adalah dengan mempertimbangkan ukuran septic tank dengan menyesuaikan jumlah anggota keluarga. Sebagai gambaran umum, jika dalam sebuah rumah terdiri dari 4 orang, maka ukuran yang dianjurkan adalah 1.5m x 1.5m x 2m dan untuk resapannya memiliki ukuran 1m x 1m x 2m. Ukuran tersebut akan berkembang ketika jumlah anggota keluarga mengalami penambahan.

  1. Pastikan bak penampungan kuat dan juga kedap air

Demi mempertahankan keawetan dari septic tank, hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah dengan memastikan jika bak penampungan tersebut kuat serta kedap air. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan atas terjadinya kebocoran pada bak yang menyebabkan adanya pencemaran air tanah karena limbah yang meyerap ke dalam tanah. Jika sudah demikian, permasalahan akan menjadi semakin parah.

  1. Melakukan sedot WC secara rutin

Dengan melakukan sedot WC secara rutin Anda dapat membuat septic tank bertahan lama dan tidak mudah penuh, jelas karena dengan sedot WC rutin misalnya 2 tahun sekali dapat menghindari terjadinya WC mampet secara tiba – tiba dan juga jika terjadi masalah yang tidak tepat pada septik tank dirumah Anda akan bisa segera di cegah terlebih dahulu.

Berbicara mengenai cara agar septic tank bisa tahan lama memiliki kaitan erat dengan kondisi tidak mudah rusak yang kemudian harus membutuhkan perawatan besar yang memakan banyak uang. Oleh sebab itu, sebagai solusi jitu dalam membuat septic tank tahan lama, pastikan Anda mempertimbangkan konstruksi hingga bahan yang dipilih untuk membuat septic tank tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *