Fungsi Resepan Pada Septic Tank

Fungsi Resepan Pada Septic Tank

Dalam setiap gedung, peranan septic tank menjadi hal yang sangat penting karena fungsinya untuk menampung berbagai kotoran yang digelontorkan dari kamar mandi ataupun aktivitas rumah tangga lainnya. menyikapi hal tersebut, maka septic tank harus dibuat sesuai dengan stAndard demi memaksimalkan fungsinya. Dalam hal ini, peranan resapan juga harus dipertimbangkan sehingga fungsi resapan pada septic tank bisa bekerja dengan baik. Disebutkan bahwa septic tank memiliki dua buah penampungan yang diantaranya adalah untuk menampung kotoran dan zat sisa dan satunya adalah sebagai resapan. Dalam hal ini, tanpa mengabaikan fungsi resapan pada septic tank, dalam pembuatannya selalu dibuat berdampingan dengan ukuran yang ditentukan sebelumnya. Sering kali diberikan beberapa pipa pengubung atau sekedar dibuatkan lubang untuk menghubungkan keduanya.

Berkaitan dengan fungsi resapan pada septic tank itu sendiri, dikatakan bahwa fungsi sumur resapan itu dibuat dengan menambahkan beberapa material yang diantaranya adalah kerikil, ijuk, pasir serta batu berongga untuk kemudian akan memaksimalkan fungsi resapan tersebut. Tanpa kehadiran beberapa material tersebut, nantinya fungsi resapan tidak akan bekerja dengan maksimal hingga nantinya beberapa permasalahan atas pencemaran limbah septic tank bisa saja terjadi. Tidak hanya itu saja, pada kolam resapan yang dibuat berdekatan dengan penampung limbah rumah tangga dan kotoran tersebut selalu dilengkapi dengan pipa sebesar 2 ½ inchi guna memudahkan atas penyebaran air limbah yang telah terpisah dengan kotoran. Bahkan, tanpa mengabaikan fungsi resapan pada septic tank, bagian atas juga dilengkapi sebuah pipa berbentuk T untuk menghindari terjadinya ledakan septic tank itu sendiri sehingga sirkulasi udara menjadi lebih baik di dalamnya. Hal ini akan menguntungkan perkembangan mikro organism di dalamnya.

Lantas, Apa Saja Fungsi Resapan pada Septic Tank?

Jika merujuk pada permasalahan fungsi resapan pada septic tank, disebutkan bahwa resapan pada septic tank ini nantinya memiliki fungsi yang sangat besar. tanpa adanya resapan yang dibuat dengan baik, bisa jadi septic tank yang merupakan tempat pembuangan akhir ini akan mengalami masalah yang serius hingga pada akhirnya menyebabkan Anda harus mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk memperbaikinya. Lebih jauh, berikut beberapa fungsinya.

  1. Menghindari septic tank cepat penuh

Dikatakan bahwa fungsi resapan pada septic tank akan membantu septic tank tidak cepat penuh. Hal ini dikarenakan kotoran yang ditampung pada kolam penampungan septic tank akan mengalir menuju kolam yang satunya untuk menghindari kotoran yang meluber ke luar. Karena kotoran tersebut berada di kolam resapan, nantinya lambat laun kotoran akan diuraikan oleh mikro organism yang terserap ke dalam tanah tanpa menyebabkan pencemaran tanah.

  1. Menghindari aroma yang kurang sedap

Sering kali banyak septic tank yang mengeluarkan aroma kurang sedap karena kotoran yang tertampung di dalam kolam penampungan. Yang demikian ini tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan sehingga perlu memaksimalkan fungsi resapan pada septic tank. Dalam hal ini, fungsi resapan akan menyerap kotoran untuk diuraikan terlebih dahulu sehingga akan mengurangi aroma yang terbilang sangat menyengat.

Itulah beberapa fungsi resapan pada septic tank yang tidak terlalu dipahami oleh masyarakat umum. Minimnya pemahaman tersebut menyebabkan terjadinya berbagai permasalahan yang muncul pada septic tank dalam kurun waktu yang cepat. Jika sudah demikian, maka penyelesaian harus melibatkan petugas sedot wc untuk menyelesaikan berbagai masalah dari akibat tidak adanya resapan septic tank di rumah Anda. Jadi, pastikan Anda tahu dan memastikan jika bak pembuangan dan resapan bekerja dengan sempurna.

One comment on “Fungsi Resepan Pada Septic Tank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *