Penyebab Saluran Air Kamar Mandi Mampet

Penyebab Saluran Air Kamar Mandi Mampet Yang Sering Terjadi

Tidak bisa dipungkiri bahwa saluran air kamar mandi memang cukup rawan terhadap sumbatan. Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa benda lain yang ikut terbawa arus air ke saluran pembuangan. Kalau sudah begini, Anda perlu mengetahui lebih lanjut apa saja penyebab saluran air kamar mandi mampet.

Saat saluran air di kamar mandi mampet, tentu saluran pembuangan tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa hal yang tidak mengenakkan juga bisa terjadi. Seperi lantai kamar mandi yang menjadi banjir, licin, dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Anda sendiri pun tentu akan risih jika harus menggunakan kamar mandi tersebut.

Selain dapat menyebabkan masalah, tentu saja saluran air yang mampet pada kamar mandi tersebut dapat menimbulkan penyakit apabila Anda membiarkannya terus-menerus. Bahkan akan ada banyak kuman ataupun virus yang berkembang biak dan menyebabkan berbagai penyakit. Seperti tifus, gatal, dan lain sebagainya.

Penyebab Saluran Air Kamar Mandi Mampet
Penyebab Saluran Air Kamar Mandi Mampet

Sebenarnya, penyebab saluran air kamar mandi mampet tersebut cukup sederhana dan sepele. Untuk itu, jangan khawatir akan masalah tersebut karena Anda bisa menghindari beberapa hal yang menjadi penyebabnya saja. Dengan begitu, saluran air kamar mandi Anda akan kembali lancar dan berfungsi dengan maksimal.

Ingin tahu apa saja penyebab saluran air kamar mandi mampet tersebut? Ketahui beberapa penyebabnya pada ulasan di bawah ini!

Apa Saja Penyebab Saluran Air Kamar Mandi Tersumbat?

Saluran air pada kamar mandi yang tersumbat ternyata tidak hanya disebabkan oleh benda besar, akan tetapi benda kecil juga bisa menjadi penyebabnya. Namun jangan khawatir, pasalnya beberapa benda tersebut bisa dihindari. Benda-benda tersebut seperti:

  1. Rambut rontok

Tentu saja Anda sering mengalami kerontokan rambut saat mandi. Sehelai dua helai lama-lama akan menumpuk dan menyebabkan kemampetan pada saluran air kamar mandi. Jika Anda sudah menemukannya pada saluran tersebut, segera buang helai rambut ke tempat sampah. Pasalnya, rambut yang rontok tersebut jika dibiarkan akan menumpuk dan menyebabkan saluran air menjadi mampet.

  1. Sisa sabun padat yang terbuang

Selain rambut, penyebab saluran air kamar mandi mampet bisa dari sisa-sisa sabun yang tebuang. Yang mana, sabun tersebut masih dalam bentuk pada sehingga tidak mudah untuk masuk ke saluran air. Perlu Anda ketahui bahwa sabun terbuat dari asam lemak yang dapat kering saat tidak terkena air, kemudian sabun juga tidak mudah mencair saat terkena air.

Untuk itulah, pastikan Anda tidak membuang sisa-sisa sabun padat ke saluran air kamar mandi ya. Sebagai alternatif lain untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan sabun cair.

  1. Debu-debu padat

Saat memasuki kamar mandi, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka membawa debu-debu padat yang menempel pada kaki. Debu tersebut bahkan dapat mengering di dalam saluran air kamar mandi. Untuk itu, sebagai solusinya Anda dapat menggunakan saringan saluran air agar debu dan kotoran yang masuk dapat berkurang.

  1. Bungkus sabun, botol bekas pasta gigi, maupun shampo

Bungkus sabun, botol bekas pasta gigi, maupun sampo terkadang terlihat sepele. Namun, jangan sampai Anda saat memakainya lalu membuang bungkusnya begitu saja. Pastikan agar benda tersebut tidak menyebabkan mampet pada saluran air dengan membuangnya ke tempat sampah.

  1. Tisu dan lain sebagainya

Benda-benda lain yang dapat menjadi penyebab saluran air menjadi mampet adalah tisu. Memang penggunaan tisu pada kamar mandi cukup penting. Namun, jangan sampai Anda membuangnya secara sembarangan. Pasalnya, tisu juga bukan benda yang mudah mencair. Tak heran saat Anda membuangnya begitu saja di kamar mandi yang ada malah hanya menyumbat saluran air.

Jika Anda membiarkan beberapa benda atau kotoran di atas menggumpal di saluran air kamar mandi, maka hal tersebut dapat menjadi penghambat air yang seharusnya masuk. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan saluran air kamar mandi secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *