Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah

Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah

Penting untuk Anda ketahui jika tikus merupakan hewan pengerat yang bisa menjadi sumber penyakit. Jika tidak diusir dan dibiarkan di dalam rumah, hal ini tentu mengancam kesehatan penghuni rumah. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja langkah – langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah tikus masuk rumah.

Tikus bisa masuk ke dalam rumah melalui jalan yang tidak pernah terduga sebelumnya. Ketika tikus sudah menjadikan rumah Anda sebagai sarang, hal ini perlu diwaspadai. Sebab tikus bisa membuang air seni dan kotoran dimana saja yang bisa menimbulkan penyakit berbahaya salah satunya leprospirosis.

Cara Pencegahan Agar Tikus Tidak Masuk Rumah

Mengigat dampak buruk yang mungkin terjadi ketika tikus masuk ke dalam rumah, langkah paling tepat yang bisa dilakukan adalah melakukan pencegahan dari sekarang. Ada beberapa langkah pencegahan agar tikus tidak masuk ke rumah Anda diantaranya.

  1. Selalu menutup pintu rumah

Membiarkan pintu rumah selalu terbuka termasuk hal yang tidak boleh disepelekan. Karena ketika Anda lupa menutup pintu rumah bisa saja tikus dengan mudah masuk melalui pintu. Terutama jika banyak tikus yang berkeliaran di sekitar got atau selokan dengan rumah.

Ketika Anda sedang tidak di ruang tamu, tutuplah pintu dengan rapat. Satu kali Anda lupa menutup pintu, bersiaplah tikus akan masuk ke dalam rumah dan menjadikannya sarang untuk menyebarkan penyakit.

  1. Memeriksa saluran pipa air

Saluran pembuangan air dari bak cuci piring bisa menjadi akses masuk yang paling disukai oleh tikus. Apalagi jalur ini merupakan saluran pembuangan air sekaligus sisa – sisa makanan. Jika pipa air ini tidak diperiksa secara rutin, bisa saja tikus akan menggigit pipa tersebut sampai bolong.

Untuk mencegah tikus masuk rumah melalui pembuangan air dari wastafel, Anda bisa menebarkan racun. Taruh racun pada lubang pembuangan air sehingga tikus bisa langsung mati sebelum masuk ke dalam rumah melewati saluran pipa air ini.

  1. Menutup jendela rumah

Tikus merupakan hewan nokturnal yang bisa beraktivitas di malam hari. Jika lupa menutup jendela menjelang malam tiba, tikus bisa masuk ke dalam rumah tanpa sepengetahuan Anda. Biasanya hal ini sering terjadi jika Anda memiliki kebiasaan membuka jendela untuk mengeluarkan asap rokok.

Solusinya sangat mudah, agar tikus tidak bisa masuk ke dalam rumah lewat jendela Anda bisa gunakan kawat. Pilihlah kawat yang rapat sehingga tidak ada akses lagi untuk tikus masuk ke dalam rumah dengan mudah.

  1. Melakukan pengecekan pondasi rumah

Pondasi rumah yang mulai tidak bagus bisa menjadi jalur masuk tikus. Selain itu, tikus dapat dengan mudah menggigit dan menggerogoti pondasi rumah secara perlahan. Saat Anda tidak menyadari hal ini, tikus sudah bisa masuk ke dalam rumah melalui bagian yang bolong.

Untuk mencegah tikus masuk rumah lewat pondasi rumah yang rusak, atau sela – sela tembok Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu dari mana tikus masuk, jika ketemu Anda bisa menutup bagian tersebut.

  1. Memperhatikan kloset

Tikus bisa saja keluar dari kloset terutama jika di bawahnya ada saluran pembuangan air. WC jongkok merupakan tipe kloset yang paling memudahkan tikus masuk ke kamar mandi. Untuk mengatasinya Anda bisa menambahkan benda yang berat di bagian atas kloset untuk mencegah tikus masuk.

  1. Memasang perangkap, lem atau racun tikus

Cara mencegah tikus masuk rumah yang terakhir adalah memasang perangkap tikus. Jika di sekitar rumah Anda banyak tikus berkeliaran, car aini sagat efektif untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Anda bisa membeli perangkap tikus, racun atau lem yang lebih efisien untuk membunuh tikus.

Selain melakukan pencegahan dengan langkah – langkah yang sudah diberikan diatas, untuk Anda yang ingin lebih efektif dalam membasmi tikus di rumah bisa menggunakan layanan jasa pengendali hama di kota Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *