Cara Membuat Septic Tank Dengan Buis Beton

Cara Membuat Septic Tank Dengan Buis Beton

Apakah Anda sedang membangun rumah dan sedang mencari tahu cara membuat septic tank dengan buis beton? Ketika sedang membangun rumah, pembuatan septic tank adalah hal yang tidak kalah pentingnya. Salah satu ciri rumah yang sehat yaitu yang mempunyai tempat pembuangan limbah kotoran yang lancer dan sesuai dengan standar.

Sesuai standar di sini maksudnya yaitu Anda harus memperhatikan dari mulai lokasi pembuatan, ukuran dan pemilihan material. Maka untuk itu buis beton bisa menjadi solusi Anda dalam membuat septic tank.

Sebelum mulai ke cara membuat septic tank dengan buis beton. Ketahui dahulu ukuran standar septic tank untuk sebuah rumah.

Ukuran Standar Septic Tank

Ketika hendak membuat tempat pembuangan atau tempat penampungan seperti septic tank ini maka Anda harus mengikuti SNI yang biasa diterapkan. Kenapa demikian? Sebab dengan ukuran yang benar Anda pemakaian septic tank Anda juga lebih maksimal.

Ukuran ideal tangki atau penampungan septic tank sendiri mulai dari tinggi 1, meter, tinggi 1,5 meter, lebar 1 meter dan panjangnya 1 meter. Namun, sebetulnya ukuran septic tank yang Anda perlukan kembali lagi pada kebutuhan.

Semakin banyak anggota keluarga dalam sebuah rumah tersebut, maka idealnya semakin besar juga tangki atau buis beton yang digunakan. Karena tentu volume pembuangannya juga akan lebih besar.

Nah, setelah mengetahui standar ukuran septic tank yang ideal, bagi Anda yang sedang mencari cara membuat septic tank dengan buis beton, Anda juga perlu tahu berapa biaya pembuatannya sehingga bisa mulai disiapkan terlebih dahulu.

Biaya Pembuatan Septic Tank

Kebanyakan pembuatan septic tank pada rumah memang dirancang untuk jangka panjang. Sehingga nantinya beberapa tahun ke depan tidak memerlukan renovasi septic tank karena pasti akan cukup ribet kecuali jika melakukan sedot wc.

Agar septic tank bisa tahan dengan jangka waktu yang panjang, ini juga tergantung dengan material yang Anda pilih. Lalu berapa biaya membuat septic tank? Anda tenang saja biaya pembuatan septic tank tidak semahal yang Anda bayangkan.

Berikut ini rincian anggaran biaya pembuatan septic tank.

Material Jumlah Biaya
Semen 5 sak Rp270.000
Batu bata merah 1.000 buah Rp750.000
Pasir 1 mobil bak kecil Rp400.000
Buis beton diameter 10 mm 5 batang Rp300.000
Kawat beton 1 kg Rp20.000
Kayu kaso Rp20.000
Papan triplek 1 lembar Rp35.000
Total Rp1.795.000

Selain biaya material untuk alat dan bahan, Anda juga harus memikirkan biaya untuk ongkos tukang yang akan membuat septic tank. Berikut ini terdapat perkiraan harga jasa tukang yang bisa untuk gambaran terlebih dulu.

Karena akan menggunakan tukang, maka Anda bisa membayarnya secara harian. Misal Anda membutuhkan waktu 7 hari untuk pembuatan septic tank, dengan total tukang yang bekerja yaitu 2 orang.

Maka perhitungan biayanya sebagai berikut = 7 x 2 x Rp100.000 = Rp1.400.000.

Jadi untuk 2 orang tukang dengan waktu 7 hari membutuhkan biaya Rp1.400.000. Sehingga total semua biaya nya yaitu  sebagai berikut.

= Rp1.795.000 + Rp1.400.000

= Rp3.195.000

Namun perlu Anda ingat, biaya ini hanyalah perkiraan saja. Di setiap daerah atau kota tertentu pasti memiliki patokan yang berbeda. Sekarang, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhannya saja berapa.

Setelah menghitung biaya yang diperlukan Anda bisa langsung membeli buis betonnya untuk dibuat septic tank. Nah kali ini ketahui cara pembuatannya di bawah ini.

Cara Membuat Septic Tank Dengan Buis Beton

Berikut ini cara membuat septic tank dari buis beton, pastikan Anda sudah menyiapkan buis beton yang diperlukan. Anda bisa membelinya pada produsen konstruksi beton untuk area Jawa Timur.

  1. Siapkan lokasi pembuatan

Persiapan yang pertama adalah menyiapkan area yang akan dibuat septic tank. Ketika hendak membuat septic tank, Anda tidak bisa sembarangan memilih area.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, diantaranya seperti jarak sumber air ke lokasi rumah Anda, jarak kamar mandi dengan lokasi yang akan dibuat septic tank dan faktor – faktor lainnya.

Pastikan area yang akan dibuat septic tank sudah siap, apabila masih terdapat rerumputan atau yang lain bisa Anda bersihkan terlebih dulu. Untuk lokasinya sendiri bisa di halaman depan, belakang atau di bawah kamar mandi langsung.

  1. Gali tanah untuk septic tank

Setelah lokasi siap, cara membuat septic tank dengan buis beton selanjutnya yaitu menggali tanah untuk tempat septic tank nantinya. Gali tanah secara melingkar, karena buis beton sendiri bentuknya bulat.

Kedalaman tanah yang harus digali sekitar 1 – 3 meter. Selain itu Anda perlu menggali sebanyak 2 lubang, karena salah satunya akan digunakan sebagai resapan kotoran. Pastikan juga beri jarak antara lubang tersebut sekitar 50 cm.

  1. Pasang buis beton

Apabila tanah sudah selesai digali dan terbuat dua lubang, sekarang waktunya untuk memasang buis beton di dalam lubang tersebut. Untuk setiap lubang tentunya membutuhkan lebih dari 1 buis beton.

Banyaknya buis yang digunakan tergantung pada kedalaman atau tinggi lubang yang Anda buat. Semakin tinggi maka akan semakin membutuhkan banyak buis.

Karena beton ini cukup berat, maka Anda bisa menggunakan tuas dan katrol untuk membawanya ke bawah. Jangan lupa juga untuk memberi sekat antar buis beton yaitu dengan bata merah dan campuran adukan seperti biasanya.

  1. Buat saluran air menuju septic tank

Langkah cara membuat septic tank dengan buis beton selanjutnya yaitu pembuatan saluran air.

Setelah septic tank sudah berdiri, selanjutnya Anda perlu membuat saluran air atau pembuangan dari toilet menuju septic tank. Saluran air ini dapat menggunakan pipa dengan ukuran yang besar dan kuat.

Pipa yang berdiameter besar akan memudahkan kotoran mengalir ke septic tank, selain itu pastikan jangan terlalu banyak belokan pada pipa ketika menuju septic tank tersebut.

  1. Lakukan uji coba dan finishing

Ketika septic tank dan saluran airnya sudah mengalir, langkah terakhir adalah melakukan uji coba untuk mengetahui apakah saluran dan septic tank berfungsi atau tidak.

Apabila keduanya sudah berfungsi dengan baik, Anda bisa menambahkan pipa udara pada salah satu lubang resapan kotoran. Pembuatan pipa ventilasi ini bertujuan supaya tidak terjadi ledakan yang disebabkan oleh gas dan zat kimia yang berasal dari kotoran.

Nah, sampai tahap ini septic tank rumah Anda berhasil dibuat. Itulah langkah – langkah cara membuat septic tank dengan buis beton.

Salah satu faktor untuk membuat septic tank yang baik yaitu rutin melakukan penyedotan septic tank. Jika membiarkan septic tank penuh bisa menyebabkan masalah pencemaran lingkungan.

Maka dari itu penting untuk Anda melakukan sedot WC secara rutin minimal tiga sampai lima tahun sekali. Nah, kabar baiknya untuk Anda yang berlokasi di Jawa Timur. Khususnya Surabaya.

Terdapat jasa sedot WC yang sudah beroprasi selama puluhan tahun, yaitu Mentari Jasa. Kami melayani jasa sedot WC dan berbagai masalah sanitasi lainya seperti melancarkan saluran mampet, melancarkan kloset mampet, kuras limbah catering dan masih banyak yang lain.

Jadi, untuk Anda yang sedang membutuhkan jasa sedot WC atau yang lain, bisa langsung hubungi kami pada nomor berikut 081331449996. Konsultasikan masalah WC Anda dan akan kami kirimkan tukang langsung ke lokasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *