Perlengkapan Saniter Yang Harus Ada Di Kamar Mandi

Perlengkapan Saniter Yang Harus Ada Di Kamar Mandi

Berbicara mengenai kamar mandi, sebuah ruangan dalam rumah ini bisa dikatakan sebagai ruangan yang wajib ada pada sebuah rumah. Apabila ruangan ini tidak ada, Anda tidak memiliki tempat untuk buang air kecil dan air besar, ataupun untuk membersihkan tubuh.

Agar segala kegiatan di  kamar mandi bisa berjalan dengan semestinya, kamar mandi harus memiliki beberapa perlengkapan saniter. Perlengkapan saniter di pasaran pun sudah banyak sekali pilihannya dan beraneka ragam, dari sisi model hingga teknologi yang ditawarkan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas perlengkapan saniter yang harus ada di kamar mandi. Simak baik – baik di bawah ini!

  1. Bak mandi

Zaman dulu, bak mandi tradisional banyak digunakan untuk menampung air. Namun seiring berjalannya waktu, terdapat bak mandi lain yang kita sebut sebagai bathtub. Fungsinya mirip, menampung air juga. Namun, penggunaan bathtub lebih dikhususkan untuk relaksasi.

Baik bak mandi tradisional maupun bathtub biasanya terbuat dari keramik dan marmer. Material tersebut dipilih agar keduanya bisa dibersihkan dengan mudah.

  1. Shower

Perlengkapan saniter yang harus ada di kamar mandi yang satu ini bisa diangap sebagai solusi bagi mereka yang memiliki luas kamar mandi yang terbatas. Tidak harus menggunakan bathtub, pemilik rumah bisa tetap membersihkan tubuhnya melalui pancuran air yang dikeluarkan oleh shower.

Ada dua jenis shower kamar mandi, shower yang tertanam di dinding dan shower yang bisa diambil gagangnya, apapun jenisnya shower menawarkan pancuran air yang menyegarkan layaknya air hujan, besaran air yang keluar bisa disesuaikan sesuai selera. Alagkah baiknya jika Anda ingin memasang shower pada kamar mandi rumah Anda usahakan untuk memasangnya di bagian ujung kamar mandi agar tidak membasahi area kloset.

  1. Kloset

Sebuah kamar mandi tidak akan lengkap jika tidak memiliki kloset didalamnya. Perlengkapan saniter ini berfungsi sebagai tempat untuk membuang air besar dan kecil. Kloset memiliki dua jenis yaitu kloset jongkok dan duduk. Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan kloset jongkok karena dirasa lebih lancar ketika digunakan untuk buang air besar. Tetapi kloset duduk juga memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki kloset jongkok, yaitu dari segi estetika dan kenyamanan.

Apabila Anda lebih memilih mengunakan kloset duduk, ada baiknya Anda menyediakan kursi dingklik. Ketika buang air besar dengan kloset duduk, letakkan kaki di atas dudukan kursi dingklik agar proses pembuangan air besar makin lancar.

  1. Shower kloset

Selain shower kamar mandi, alat lain yang memiliki cara kerja yang serupa adalah jet spray atau shower kloset. Terletak di sebelah kloset, jet spray dikhususkan untuk membersihkan diri usai buang air kecil dan besar. Selain itu, jet spray juga berguna untuk membersihkan bagian dalam kloset.

Teknologi yang ditawarkan jet spray lebih menghemat ruang di kamar mandi karena Anda tidak perlu repot menyediakan satu ember berisi air di sebelah kloset lagi. Besar kecilnya arus air pun bisa diatur sesuai selera, baik melalui keran maupun tombol jet spray.

  1. Wastafel

Berguna untuk mencuci tangan, muka, dan area untuk menyikat gigi, wastafel biasanya terletak di dalam kamar mandi atau di luar dekat pintu kamar mandi. Modelnya pun sekarang mulai beraneka ragam, mulai dari model melayang, berkaki, dan mangkuk. Ada juga wastafel yang terbuat dari kaca, keramik, dan stainless steel.

Tak lengkap rasanya apabila wastafel tidak dilengkapi cermin. Cermin membantu saat sedang menyikat gigi atau mencukur kumis dan janggut. Untuk sentuhan akhir, menyediakan rak penyimpanan dekat wastafel juga akan membuat area pencucian lebih rapi.

Anda sudah punya perlengkapan saniter yang harus ada di kamar mandi, seperti diatas ? Jangan hanya memilikinya saja rajinlah membersihkan kamar mandi minimal seminggu sekali. Agar kamar mandi bebas kuman dan Anda pun bisa beraktivitas di kamar mandi dengan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *