Cara Memasang Wastafel

Cara Memasang Wastafel Yang Tepat

Memiliki rumah baru bisa jadi sangat menyenangkan, Anda bisa mendekor rumah Anda sesuai dengan keinginan Anda salah satunya adalah menata letak fasilitas dapur atau kamar mandi. Wastafel adalah fasilitas yang wajib ada di dapur atau kamar mandi Anda. mungkin Anda mungkin akan memanggil tukang ledeng untuk memasang wastafel di dapur atau kamar mandi Anda. Tapi Anda harus tau bahwa pemasangan wastafel sendiri bukanlah hal yang susah.

Sebelum mulai pemasangan wastafel, terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa Anda sudah mempersiapkan komponen utama wastafel dan peralatan – peralatan yang diperlukan. Komponen utama ialah satu set wastafel yang sudah termasuk mangkuk wastafel, pipa leher angsa, keran air, pipa sambungan keran dan pipa pembuangan.

Cara Memasang Wastafel
Cara Memasang Wastafel

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan pipa (bisa berupa pipa PVC, HDPE, besi, besi galvanis, atau pipa tahan karat) yang memiliki diameter ½ inci untuk pipa input (pipa untuk air bersih) dan 1 inci untuk pipa output (pipa untuk pembuangan air kotor). Selain itu, Anda harus memiliki pelengkap alat sambungan atau biasa disebut fitting, lem silikon, dan pita perekat. Untuk perkakas pemasangan wastafel, Anda membutuhkan pensil, meteran, faucet socket untuk memasang wastafel, sekrup fischer, mesin bor,obeng, dan lem perekat.

Cara memasang wastafel sendiri berbeda – beda berdasarkan pada mereknya. Dalam artikel berikut, Anda bisa menyimak langkah-langkah pemasangan wastafel secara umum.

Memasang Pipa Input Dan Pipa Output

Anda harus menentukan posisi di mana wastafel akan dipasang. Hal ini bertujuan untuk menentukan pada bagian mana pipa input dan output akan dipasang. Biasanya, kedua pipa tersebut ditanam di dalam dinding demi segi keindahan, namun bukan hal yang salah jika ingin memasang di luar meskipun rawan mengalami kerusakan/kebocoran. Buatlah penanda dengan pensil untuk posisi di mana wastafel akan dipasang.

Pada umumnya lubang pipa input berada di ketinggian 90 cm dari permukaan lantai sedangkan lubang pipa output terletak di ketinggian 70-75 cm di permukaan lantai. Setelah itu, pasanglah kedua pipa tersebut berdasarkan tanda yang telah dibuat.

Menggabungkan Pipa Input Dan Pipa Output Pada Pipa Wastafel

Cara memasang wastafel selanjutnya adalah menghubungkan pipa input dan pipa output tersebut dengan pipa wastafel. Anda harus memastikan bahwa ujung kedua pipa (pipa input dan output serta pipa wastafel) terpasang dengan baik dengan faucet socket sebagai sambungan. Gunakan lem perekat untuk membuat sambungan tersebut kuat.

Memasang Wastafel Pada Dinding

Untuk wastafel sendiri dipasang setelah dinding pada tahap finishing (untuk pemasangan pipa tanam di dalam dinding). Anda harus memastikan aliran air Anda mati untuk menghindari air merembes. Saat pemasangan wastafel, Anda harus memeriksa lubang-lubang pemasangan sekrup yang terdapat di wastafel untuk diukur jaraknya. Setelah itu, tandai titik-titik penempatan sekrup pada dinding dengan menggunakan pensil. Anda bisa menggunakan bor untuk memberi lubang pada tanda di dinding tersebut.

Posisikan wastafel pada dinding sesuai rancangan lubang sekrup pada lubang bor di dinding. Lalu, pasang sekrup fischer pada lubang di dinding untuk menahan wastafel agar terpasang di dinding. Selanjutnya kencangkan sekrup fischer dengan menggunakan obeng sehingga posisi wastafel benar-benar stabil dan kencang.

Memasang Pelengkap Wastafel

Pelengkap wastafel terdiri dari pipa sambungan keran, pipa leher angsa, dan juga keran air. Sambungkan pipa sambungan keran dan keran air pipa saluran air bersih. Hal yang sama juga dilakukan pada pipa leher angsa yang disambungkan dengan pipa saluran air kotor dan lubang pembuangan air kotor pada wastafel. Gunakan lem perekat untuk membuat sambungan kuat.

Memeriksa Keluaran Air

Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, tahap ini adalah tahap terakir. Pastikan semua bagian dan sambungan telah terpasang dengan kuat dan benar. Lalu nyalakan aliran air Anda untuk memastikan apakah pemasangan yang telah di lakukan telah berjalan dengan lancar atau tidak. Periksa kembali pemasangan yang sudah Anda lakukan. Perbaiki lagi jika Anda menemukan sambungan yang bocor. Anda bisa memperbaiknya dengan mengencangkan kembali sambungan yang tidak pas.

Itulah cara memasang wastafel yang tepat. Sebenarnya aturan pemasangan wastafel sendiri berbeda – beda tergantung jenis wastafel yang digunakan. Anda bisa memeriksa aturan pemasangan wastafel pada intruksi yang diberikan. Namun tetap langkah pemasangan garis besarnya sama dengan cara di atas Anda diharapkan bisa mengaplikasikannya sendiri pada rumah baru Anda untuk menghemat biaya pemasangan wastafel tanpa memanggil tukang. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *