Septic Tank Tanpa Lubang Udara

Septic Tank Tanpa Lubang Udara Ketahui Risikonya

Septic tank tanpa lubang udara akan menimbulkan banyak resiko. Banyak penghuni rumah tidak mengetahui hal ini karena mereka melakukan instalasi tidak melalui jasa pemasangan septic tank. Memang jasa borongan dari pelaku individu bisa jadi lebih murah. Namun, penyedia jasa profesional justru akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemilik hunian. Penyedia jasa profesional akan melakukan instalasi sesuai dengan kebutuhan penghuni rumah.

Septic Tank Tanpa Lubang Udara
Septic Tank Tanpa Lubang Udara
Septic Tank Tanpa Lubang Udara Apa Manfaatnya?

Salah satu cara terefektif untuk mengecek apakah jasa penyedia septic tank memiliki kualitas struktural yang dapat diandalkan adalah dengan memeriksa penawaran garansi.  Penawaran garansi biasanya berlaku lima hingga sepuluh tahun, dengan bahan fiberglass, serta tambahan FRP atau poliester.

Desain tangki septik perlu dirancang dengan baik sehingga tidak retak dan tidak mencemari air tanah.  Penyedia jasa profesional akan mempertimbangkan konstruksi tangki septik sesuai dengan struktur tanah pemilik rumah, serta menyediakan denah untuk tangki berukuran standar.

Menyewa jasa profesional akan memaksimalkan fitur, kebutuhan untuk menentukan tingkat efluen, instalasi pipa saluran masuk dan keluar, pipa transfer antara ruang internal, pipa ventilasi serta lubang akses sehingga tangki dapat dipelihara dan dibersihkan. Tanpa lubang udara, tentu tangki septic tank berisiko meledak karena ada gas yang dihasilkan limbah.

Pentingnya Ukuran

Ukuran tingkat pemasangan tangki septik sangat penting.  Pipa saluran masuk ke tangki yang membawa efluen dari toilet ke tangki harus memiliki diameter kurang lebih 15 cm. Kemiringan  minimal 2% atau turun 2 cm per meter dari toilet ke septic tank.  Tangki harus ditanam cukup dalam dan harus direncanakan dengan cermat sebelum Anda mulai.

Pipa inlet harus langsung masuk ke septic tank. Beberapa jasa borongan membuat lubang kecil untuk mengakses pipa saluran masuk sebelum masuk ke tangki. Lubang ini justru menjadi penyebab utama dari bau dan penyumbatan.

Pemasangan pipa juga perlu diperhatikan terutama posisi pipa inlet, outlet dan transfer di dalam tangki. Pipa inlet harus lebih tinggi dari pipa outlet, sedangkan pipa transfer sedikit lebih rendah dari keduanya.

Desain tangki harus memiliki potongan tee 15cm pada pipa saluran masuk dan keluar serta di kedua ujung pipa transfer antara bilik. Konstruksi ini menjaga pipa bersih dari sampah yang terbentuk di permukaan limbah saat dicerna oleh bakteri.  Selain itu, konstruksi ini mengurangi turbulensi yang mungkin terjadi saat limbah mengalir ke tangki.

Pipa transfer dan outlet memiliki ekstensi vertikal pada potongan tee di ruang hulu. Ini agar cairan yang masuk ke pipa diambil dari tingkat pusat tangki di bawah turbulensi.  Konstruksi ini cukup tinggi agar tidak terhalang oleh endapan di bagian bawah tangki.

Tahap akhirnya adalah pipa berdiameter 7,5 cm terbuka diinstalasi diantara dua ruang di atas permukaan air, untuk mengurangi penumpukan tekanan dan memungkinkan aliran gas bebas di antara dua ruang.

Proses Pemasangan Hindari  Septic Tank Tanpa Lubang Udara

Lalu, mulai proses pemasangan bagian atas tangki dengan pelat beton bertulang setebal 15 cm. Bagian atas memiliki pipa ventilasi baja galvanis berdiameter 2 inci.  Pipa dengan tinggi lebih dari 2 meter memungkinkan gas dapat tersebar. Ketika beroperasi dengan benar, septic tank tidak akan menimbulkan bau.

Bagian atas akan memiliki 2 lubang di dalamnya, yang akan disegel dengan nat untuk membuatnya kedap gas.  Lubang cukup besar ini dapat memungkinkan seseorang masuk ke tangki untuk melakukan perawatan. Lubang ini ditempatkan sedemikian rupa sehingga memungkinkan akses ke pipa saluran masuk dan keluar untuk membersihkan penyumbatan.

Lubang ini memungkinkan akses untuk pemompaan keluar tangki. Proses ini harus dilakukan, minimal setiap tiga tahun sekali.  Banyak tangki didesain tanpa penutup lubang . tetapi tangki tersebut memiliki pipa berdiameter 15cm di bagian atas untuk pemompaan.  Tangki septik jenis ini memang tidak memerlukan perbaikan dengan cara membuka blokir.

Apabila ada jenis tangki septik dengan penutup lubang dengan permukaan horizontal, maka bentuk lubang serta penutupnya pas dengan sambungan.  Permukaan datar jauh lebih mudah untuk dibuka terlebih jika penutup lubang memiliki pegangan dari baja yang dapat diangkat dan tidak mudah berkarat.

Konstruksi Tangki Septik Tank

Saat pengecoran, beton penutup ditempatkan di sekitar stainless steel untuk membentuk cetakan berbentuk persegi sehingga dinding harus memiliki tebal minimal 4 inci. Saat beton dituangkan, lapisan beton tebal dapat terjaga kualitasnya di kedua sisi jaring baja untuk mengurangi potensi stainless steel berkarat.

Lantai beton tangki perlu memiliki lapisan pasir di bawah lantai untuk memungkinkan beberapa gerakan saat tangki mengendap dan bergerak di tanah. Sedangkan pipa inlet, transfer, dan outlet PVC berdiameter 15 cm (untuk tangki harus diinstalasi sebelum beton dituangkan bersama dengan pipa ventilasi berdiameter 7,5 cm). Hal ini untuk mengurangi kemungkinan gas mengalir di antara dua ruang kosong.

Komposisi beton dan pasir juga perlu diperhatikan selain menghindari septic tank tanpa lubang udara. Jangan sampai air terlalu banyak karena beton tidak dapat keras. Selama penuangan, vibrator harus difungsikan untuk memastikan beton dapat benar-benar padat tanpa rongga atau lubang udara.  Proses ini terkesan rumit, meski sebenarnya proses ini dapat menghindarkan kekacauan yang muncul karena beton yang tidak keras.

Selain menghindari septic tank tanpa lubang udara, maka penyedia jasa akan menyediakan tangki septik dengan dua atau tiga ruang. Dua ruang sebenarnya cukup, dimana ruang kedua harus memiliki ukuran separuh dari ruang pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *