Cara Membersihkan Tandon Air

Cara Membersihkan Tandon Air Untuk Meminimalisir Kerugian

Cara membersihkan tandon air menjadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki tangki air bersih, tetapi tidak punya alat untuk melakukannya. Jika Anda memiliki tangki air untuk menyimpan air PDAM atau sumur, tentu Anda sadar bahwa tangki memerlukan sejumlah perawatan untuk memastikan bahwa air yang disimpan tetap memiliki kualitas bagus.

Cara Membersihkan Tandon Air
Cara Membersihkan Tandon Air

Memang, cuaca ekstrem, perubahan iklim dan semakin meningkatnya hunian dan limbah yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia membuat air terkontaminasi. Hal ini tentu tidak dapat dihindarkan. Bahkan air dari PDAM pun sering berbau kaporit bukan?

Cara Cepat Membersihkan Tandon Air Anti Ribet

Pembersihan tandon air pada musim kemarau lebih disarankan. Dalam musim ini, tingkat air berada di titik terendah. Pastikan Anda mematikan listrik saat melakukannya sendiri. Apabila Anda memiliki pompa listrik, cabut pula steker karena listrik masih mengalir.

Lantas cara membersihkan toren air selanjutnya yakni gunakan sisa air di tangki. Jangan asal dibuang. Simpan dulu untuk digunakan menyiram tanaman, menggosok lantai, mencuci mobil atau apapun.  Setelah tandon air kosong, maka alirkan air dari selang.

Tentu, tekanan air harus benar-benar tinggi supaya air sisa atau kotoran dapat dengan mudah keluar.  Air bertekanan cukup tinggi dapat dengan mudah menghilangkan kotoran di sisi tangki. Lakukan hingga air yang keluar menjadi jernih.

Memang, terkadang kita malas menguras tandon. Tetapi, ada resiko besar saat tandon air jarang dibersihkan meskipun air masih terlihat jernih, terutama air PDAM. Tangki air yang tidak bersih menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, dimana dinding tangki rentan terkontaminasi.

Selain itu, kotoran, jamur, dan endapan kaporit dari air PDAM atau pasir dari air sumur menumpuk di tangki air. Air tidak layak untuk dikonsumsi dan juga untuk mencuci sayur atau makanan. Bahkan air yang terkontaminasi dapat menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui air seperti diare, kolera, dan keracunan timbal.

Bahkan, tangki air dapat menumpuk karat. Jika air yang keluar dari keran berwarna kecoklatan, tandon air perlu diperiksa.  Tangki air berisiko mengandung mikroorganisme patogen yang masuk melalui serangga atau tikus, serta organisme air yang dapat masuk ke tangki air Anda karena penutup yang tidak memadai.

Seberapa Sering Pembersihan Air Dilakukan?

Pembersihan secara menyeluruh dapat dilakukan paling tidak setahun sekali apabila penghuni membersihkan tandon secara teratur. Tetapi, apabila tandon air sudah lama tidak dibersihkan dan air juga mengalami perubahan warna, mungkin pembersihan dengan biaya ekstra harus dilakukan. Bahkan, bisa jadi tandon air harus diganti. Terlebih jika usia tandon sudah lebih dari dua puluh tahun.

Inspeksi penyedia jasa pembersihan akan membersihkan air dari berbagai macam kontaminasi. Hal ini dapat dilakukan apabila hunian berada di kawasan industri  yang berisiko mengalami kontaminasi air.

Dengan perawatan berkala, maka tandon air dapat bertahan lama. Selain itu, air pun memiliki kualitas prima. Meskipun tidak digunakan untuk air minum, namun terkadang pemilik hunian menggunakannya untuk memasak atau mencuci beras jadi tetap saja ada sedikit yang terkonsumsi bukan?

Pembersihan Lebih Efektif

Memang, cara menguras tangki air seperti disebutkan sebelumnya mungkin tidak terlalu efektif. Pembersihan seperti itu hanya membersihkan dinding tandon dari lumut dan bakteri saja. Tetapi,  ada beberapa jenis bakteri yang tidak dapat hilang dengan bilasan air dari selang air. Bahkan ketika pemilik hunian membersihkan dengan sabun, dikhawatirkan residu sabun justru tertinggal di dalam dinding.

Proses filtrasi air juga tidak terlalu efektif.  Terlebih jika memang tangki tidak terlalu bersih.  Air yang melalui proses filtrasi mungkin tidak terlalu bersih apabila sumber air tidak dapat terjamin.

Cara membersihkan tandon air sebenarnya hanya mengurangi biaya perawatan. Membersihkan tangki secara rutin memang dapat meminimalisir kontaminasi air meskipun tidak menghilangkan semuanya.   Perawatan berkala tidak hanya mengurangi kontaminasi air, tetapi juga mengurangi anggaran untuk pembersihan secara menyeluruh atau bahkan penggantian tangki air karena minimalnya pembersihan.

Perawatan berkala jauh lebih hemat biaya daripada perbaikan yang pasti tidak lagi menguras tandon tetapi menguras kantong. Pemeliharaan tangki air Anda secara teratur memastikan bahwa tangki air Anda menyediakan air bersih setiap saat dan berfungsi pada tingkat optimal.

Pembersihan tangki dengan menyeluruh perlu jasa profesional dengan sertifikasi disinfeksi terakreditasi. Pemilik hunian juga perlu mengetahui jenis produk yang digunakan karena jasa profesional dengan reputasi apik pasti menggunakan desinfektan ramah lingkungan yang aman.

Apa Perlunya Menyewa Jasa Profesional?

Jasa profesional akan memompa keluar semua organisme yang menempel di permukaan tangki. Tentu, mereka sudah diperlengkapi dengan peralatan yang memadai.  Membersihkan air sendiri tentu tidak dapat membersihkan permukaan secara maksimal.  Penumpukan sedimen harus dilakukan dengan flush diverter, dimana tangki akan disemprot dua kali. Aliran air pertama dalam dapat membersihkan semua sedimen yang terkumpul.  Aliran kedua akan membersihkan bahan kimia yang digunakan untuk semprotan pertama.

Pengujian air biasanya tidak diperlukan, karena kontaminasi biasanya terlihat jelas.  Tetapi, apabila diperlukan, penyedia jasa dapat melakukan pemeriksaan secara keseluruhan. Air yang  terkontaminasi harus dikeringkan, kemudian tangki perlu dibersihkan dan dilakukan pengisian ulang.  Penyedia jasa pembersihan tandon air juga memiliki filter serta peralatan pengolahan air yang bersih dan sudah bersertifikasi.

Pada intinya, meskipun Anda memutuskan untuk menyewa jasa profesional, lebih baik Anda melakukan cara membersihkan tandon air lebih sering. Dengan demikian, Anda tidak perlu terlalu sering menyewa jasa profesional. Selain itu, Anda juga dapat menjaga kesehatan Anda sekeluarga dengan meminimalisir bakteri yang tumbuh di air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *