Cara Membersihkan Toilet Di Tengah Virus Corona

Jangan Panik Ini Cara Membersihkan Toilet Di Tengah Virus Corona

Salah satu bagian rumah yang diangap paling kotor di dalam rumah dan fasilitas yang sering digunakan bergantian yaitu toilet, ruangan ini sebagai tempat berkembang kuman dan virus, dan diangap sebagai tempat yang berpotensi besar menyebarkan kuman dan virus. Apalagi di tengah wabah virus corona yang semakin merebak ini, intip cara membersihkan toilet di tengah virus corona pada artikel ini.

Sejak wabah virus corona mulai masuk di Indonesia, pemerintah pun memperingatkan soal kebersihan diri dan lingkungan yang perlu diperhatikan.

Terutama ruangan toilet. Seluruh pemilik rumah diwajibkan menjaga kebersihan toilet setiap saat karena ruangan ini dianggap paling kotor dan berpotensi besar menyebarkan kuman dan virus.

Maka dari itu, berikut ini cara membersihkan toilet di tengah wabah virus corona.

Cara Membersihkan Toilet Paling Benar di Tengah Corona
  1. Singkirkan semua perlengkapan toilet

Sebelum Anda membersihkan toilet, hal pertama yang Anda lakukan adalah mempersiapkan terlebih dahulu semua peralatan dan juga bahan pembersih toilet, gunakan pembersih toilet yang biasa Anda gunakan dan yang memberi hasil bersih, jangan coba – coba mengunakan pembersih yang belum pasti. Selain itu gunakan sarung tangan karet, masker selama proses pembersihan toilet.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu, menyingkirkan beberapa perlengkapan yang ada di toilet, misalnya tisu toilet, tanaman, dll. Tujuanya agar dalam proses pembersihan toilet lebih mudah dilakukan.

  1. Cara membersihkan closet bagian dalam

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian closet terlebih dahulu. Bagian paling penting untuk dibersihkan dari bagian closet adalah bagian dalamnya, untuk itu pertama – tama yang harus dibersihkan adalah bagian dalam dari closet, bagian dalam ini sudah pasti sangat kotor terutama tempat tersebut merupakan pusat pembuangan kotoran.

Caranya sangat mudah pertama – tama siram closet dengan air hingga bersih, kemudian taburkan pembersih kebagian dalam kloset sesuai kebutuhan. Pilih pembersih closet yang sering Anda gunakan dan yang memberikan hasil yang bersih.

Setelah itu, diamkan hingga 5 menit.

  1. Bersihkan bagian luar kloset

Cara membersihkan toilet selanjutnya, yaitu bagian luarnya.

Sembari menunggu pembersih dalam kloset berkerja dan meresap keseluruh bagian dalam closet Anda bisa membersihkan bagian luar. Caranya, tuangkan pembersih di bagian luar kloset seperti pada bagian mangkuk kloset bagian luarnya, diseluruh permukaannya tombol flush dan lainnya.

Jangan sampai lupa, lanjutkan ke bagian kaki dengan melakukan hal yang sama.

Setelah selesai, bersihkan menggunakan handuk lembut khusus untuk membersihkan kloset duduk.

  1. Membersihkan dudukan kloset toilet

Langkah selanjutnya menghindari tersebar virus corona di toilet, dengan membersihkan dudukan kloset. Dudukan kloset merupakan area paling sering bersentuhan langsung dengan orang lain secara bergantian.

Sama dengan bagian luar kloset, kamu pun perlu menyemprotkan cairan pembersih khusus ke bagian bawah dudukannya. Kemudian, bersihkan bagian atasnya menggunakan cairan pembersih lalu, gosok dengan sikat.

Pastikan jika Anda menggunakan pembersih khusus, bahan yang terkandung di dalamnya aman digunakan. Karena, bagian tersebut sering diduduki sehingga takkan menyebabkan iritasi pada kulit.

  1. Lanjut membersihkan bagian dalam kloset

Setelah membersihkan dudukan kloset selanjutnya, melanjutkan kembali membersihkan bagian dalam closet dengan mengosok bagian dalam closet yang sudah diberi cairan pembersih tadi.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, membunuh kuman dan virus pastikan dalam pembersihan dilakukan secara menyeluruh jangan sampai ada bagian yang terlewat.

  1. Bersihkan diri setelah mencuci kloset

Setelah selesai membersihkan kloset, Anda harus membersihkan diri agar tidak terkena virus corona.

Caranya, buang sarung tangan serta masker yang sudah dipakai. Lalu, cuci tangan Anda dengan sabun dan air. Ingat, sambil digosok-gosok selama 30 detik ya! Setelah itu keringkan pakai tisu atau lap kering.

Semoga artikel cara membersihkan toilet di tengah virus corona ini bisa bermanfaat untuk Anda !

Simak terus informasi mengenai sanitasi, tips hanya di web kami ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *