Kenapa Septic Tank Bisa Meluap

Kenapa Septic Tank Bisa Meluap?

Setiap rumah pasti memiliki WC dan akan menghasilkan limbah berupa feses atau tinja. Limbah yang dihasilkan dari Water Closet tersebut selanjutnya akan dibuang ke wadah yang dikenal dengan septic tank. Namun beberapa kesalahan yang dilakukan masyarakat dapat menjadi faktor penyebab kenapa septic tank bisa meluap. Sebelum membahas kesalahan-kesalahan tersebut, akan lebih baik jika terlebih dahulu mengetahui apa itu septic tank.

Apa itu Septic Tank?

Septic tank merupakan bak atau wadah bersekat yang dibuat berbentuk ruang dan diletakkan di bawah tanah serta bersifat kedap air. Sekat dinding pada Septic tank dibuat dari bata kemudian penutup berbahan beton di bagian atas bak nya. Pelat beton ini penutup kontrol dan harus dilengkapi dengan pipa udara T. Fungsi dari pipa T tersebut adalah sebagi tempat sirkulasi udara sehingga bakteri di dalamnya dapat tumbuh dengan subur.

Bakteri-bakteri ini lah yang nantinya akan bertugas untuk menguraikan feses atau kotoran di dalam septic tank. Tangki septik ini akan menjadi tempat penampung air limbah yang berasal dari water closet (WC) sebelum mengalami proses pengolahan limbah. Air hasil pengolahan tersebut akan dialirkan ke bagian resapan septic tank.

Kesalahan Yang Menyebabkan Septic Tank Bisa Meluap

Tangki septik meluap atau penuh sering kali terjadi bahkan pada septic tank yang masih baru di gunakan. Kenapa septic tank bisa meluap? Apakah yang menjadi penyebabnya? Hal ini telah menjadi pertanyaan umum bahkan dibeberapa kasus hingga terjadi ledakan pada tangki septik tank.

Sebuah penelitian dari LIPI menyebutkan bahwa ternyata masih banyak masyarakat yang tidak paham akan fungsi dan cara kerja dari Septic tank sehingga menimbulkan banyak permasalahan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang menjadi faktor penyebab septic tank meluap.

  1. Kesalahan dalam design septic tank

Kesalahan design menjadi penyebab septic tank meluap. Ideal nya sebuah tangki septik adalah didesign dengan mempertimbangkan jumlah penguhuni rumah serta kisaran volume limbah yang mungkin dihasilkan. Hasil perhitungan nantinya akan menjadi patokan agar air limbah yang masuk ke dalam tangki dan yang keluar usai proses penguraian akan tetap seimbang.

Tangki berukuran kecil dengan jumlah penghuni rumah yang banyak tentu akan menyebabkan tangki cepat meluap. Tangki septik tank yang baik didisain minimal harus memiliki dua sisi ruang. Yang mana satu sisi akan menjadi tempat penampungan.

Sementara sisi ruang yang lain menjadi tempat kedap udara  tempat bakteri pengurai limbah. Kemudian diletakkan di lokasi dengan kandungan air tanah yang dalam.

Sebab permukaan air tanah yang tinggi akan menghambat proses penguraian. Terutama jika sudah memasuki musim penghujan, kinerja bakteri pengurai akan menurun dan terjadi penumpukan yang berakibat tangki septic tank menjadi lebih cepat meluap.

  1. Ventilasi kurang terpelihara

Sebagian besar pemilik rumah justru lupa bahkan tidak tahu dimana letak tangki septik mereka ditanam. Sehingga ventilasi tangki septik diabaikan dan tidak dipelihara. Hal ini yang memungkinkan saluran vertilasi tertutup oleh sampah ataupun tanah.

Akibatnya Proses penguraian tinja akan memakan waktu lebih lama dan terjadi penumpukan limbah. Kemudian gas yang dihasilkan dari proses penguraian akan mengendap di dalam septic tank dan berisiko terjadi meluap dan yang paling buruk bisa terjadi ledakan.

  1. Penyedotan septic tank hingga habis

Penyedotan tangki septik secara rutin adalah hal yang wajin dilakukan agar tidak cepat meluap. Tangki septik yang jarang di bersihkan akan menimbulkan sumbatan juga aroma yang kurang sedap serta risiko ledakan.

Namun kesalahan yang umum terjadi adalah melakukan penyedotan hingga habis yang akhirnya menjadi penyebab kenapa septic tank bisa meluap. Menguras limbah pada tangki septik hingga habis akan mengurangi jumlah bakteri pengurai begitu drastis. Dengan demikian akan dibutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk melakukan proses penguraian pada limbah.

  1. Membuang Cairan Pembersih atau Antiseptik

Membuang sisa cairan pembersih atau antiseptik ke dalam septic tank adalah tindakan yang salah. Sebab dampaknya adalah akan membunuh bakteri pengurai kemudian menghambat proses dekomposisi.

Bakteri-bakteri dalam tangki septik bertugas mengubah feses menjadi limbah cair. Apabila jumlahnya berkurang atau sedikit, maka akan memperlambat proses penguraian. Jadi, jangan terlalu sering membuang atau menyiram kloset dengan cairan pembersih atau antiseptik.

  1. Membuang sampah di kloset

Kebiasaan buruk membuang sampah seperti tisu, bekas pembalut, rambut, karet gelang dan benda asing lain nya ke dalam kloset akan menyebabkan tangki septik cepat penuh atau saluran menjadi mampat.

  1. Melakukan sedot wc secara terjadwal

Jika muncul tanda wc akan penuh segeralah melakukan sedot wc umur septic tank rata – rata yaitu 2 sampai 3 tahun dari awal septic tank digunakan, tanda wc akan penuh biasanya adalah kotoran di dalam closet akan sulit sekali hilang dari closet, jika sudah begitu segeralah melakukan sedot wc untuk menghindari septic tank meluap.

Itulah beberapa kesalahan yang harus dihindari agar septic tank  tidak cepat meluap. Sebelum menjadi penyebab kenapa septic tank bisa meluap, pastikan telah membuat disain dengan baik dan benar. Kemudian lakukan perawatan ada ventilasi agar sirkulasi gas dalam tangki lancar.

Selanjutnya jangan melakukan hal yang dapat menyebabkan proses penguraian limbah terhambat seperti menguras septic tank hingga habis, membuang benda asing ke dalam kloset serta cairan pembersih dan antiseptik.

One comment on “Kenapa Septic Tank Bisa Meluap

  1. Pak saja di jakarta timur. 3 bulan yang lalu saya sudah melakukan sedot wc tapi sekarang wc saya penub lagi. Kenapa ya pak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *