Cara Kuras Sumur Kotor

Cara Kuras Sumur Kotor

Air memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup, khususnya manusia. Ketika tidak ada air, maka berbagai permasalahan akan muncul mulai dari kekeringan hingga dehidrasi yang menyebabkan kualitas kesehatan menurun. Mengingat peran penting air dalam kehidupan, tidak mengherankan jika semua orang berusaha menjaga sumber air tetap bersih. Ketika didapati air yang berasal dari sumur kotor, maka cara kuras sumur yang tepat akan dilakukan oleh pihak bersangkutan.

Tindakan menguras sumur yang kotor menjadi hal yang sudah sepatutnya dilakukan mengingat kebutuhan air setiap hari didapatkan dari air tanah. Ketika air sumur dibiarkan dalam keadaan kotor, sudah pasti kualitas air akan menurun hingga mampu menyebabkan berbagai penyakit ketika dikonsumsi. Permasalahan air sumur yang kotor kerap kali dialami oleh masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah perkotaan, khususnya di kota besar yang padat penduduk. Hal ini disebabkan oleh kondisi geologis yang kurang baik hingga banyaknya industri yang membuang limbah sembarangan.

Ketika air sumur kotor, maka air tersebut kerap kali mengandung lumpur hingga pada akhirnya akan menyumbat saluran air. Jika kondisi ini dibiarkan dalam kurun waktu yang lama, maka Anda sudah pasti harus merogoh uang yang dalam karena tindakan menguras sumur kotor sekaligus membenahi saluran air sering kali menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Jadi, jika Anda mengetahui kejernihan air mulai berkurang dan aliran air mulai terhambat, pastikan segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penyebab Sumur Kotor

Sebelum lebih jauh membahas permasalahan sumur kotor, perlu dipahami bersama bahwa suatu air dikatakan berkualitas ketika memenuhi beberapa aspek yaitu jernih, tidak berbau, tidak berwarna, memiliki rasa tawar hingga tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Jika semua aspek terpenuhi, maka air bisa dikatakan bersih dan layak konsumsi. Lantas, bagaimana jika air sumur kotor? Tentu saja Anda harus mengetahui penyebabnya guna meminimalisir dampak buruk di masa depan.

  1. Pipa air yang bocor hingga kotor

Masalah air sumur yang kotor juga disebabkan oleh pipa air yang bocor. Kebocoran pada pipa air dikarenakan oleh pipa yang berkarat hingga kemudian menjadi penyebab timbulnya bakteri pada air. Jika sudah demikian, maka air sumur perlu dikuras untuk mendapatkan kualitas air yang lebih baik.

  1. Kandungan besi yang tinggi

Perlu diketahui bahwasannya air sumur yang kotor hingga berwarna kuning kerap kali disebabkan oleh kandungan besi ataupun mangan pada air yang sangat tinggi. Kondisi ini kemudian menyebabkan terjadinya endapan pada sumur yang membuat kualitas air menurun. Jika sudah demikian, air tersebut tidak layak digunakan dan dikonsumsi sehingga tindakan pengurasan air sumur harus dilakukan sesegera mungkin.

  1. Tingginya curah hujan

Pada bulan Januari hingga Februari negara Indonesia dilanda hujan yang sangat lebat hingga menyebabkan banjir di beberapa titik wilayah Indonesia. Kondisi semacam ini sering kali berpengaruh pada kualitas air sumur hingga pada akhirnya air menjadi kotor. Permasalahan semacam ini dikarena kondisi tanah yang menjadi lebih gembur hingga menyebabkan terjadinya endapan pada dasar sumur.

Pencegahan Agar Sumur Tidak Kotor

Setelah mengetahui berbagai penyebab air sumur kotor, kini saatnya Anda juga harus mengetahui berbagai bentuk pencegahan sebelum mengenal lebih jauh cara kuras sumur agar kualitas air menjadi lebih baik. Dalam hal ini, Anda bisa memasang filter pada tempat penampungan air. Cara ini dinilai sebagai bentuk antisipasi ketika air sumur kotor dan Anda tidak menyadari sebelumnya. Namun demikian, sebuah tindak lanjut harus dilakukan setelahnya.

Selain itu, pencegahan terhadap sumur yang kotor bisa dilakukan dengan menguras sumur tersebut. Sering kali, proses menguras sumur dibantu oleh pihak penyedia jasa sumur bor yang juga menawarkan jasa kuras air sumur. Proses ini terbilang sedikit lama karena mereka akan menyedot semua air dalam sumur hingga pada akhirnya didapatkan air sumur yang benar-benar jernih. Cara ini dinilai efektif untuk dilakukan ketika penyebab air sumur keruh lain tidak ditemukan.

Cara Menguras Sumur Kotor

Terkait dengan cara kuras sumur, perlu dipahami bersama bahwa proses ini akan memanfaatkan beberapa peralatan seperti pompa sumur bor yang didukung oleh kompresor angin. Selanjutnya, selang akan dimasukkan ke dalam sumur dan proses pengurasan air dalam sumur akan dimulai. Tindakan ini nantinya akan dilakukan dalam kurun waktu tertentu selama kurang lebih 1 hari penuh. Bahkan, jika dirasa air masih kotor, bisa jadi proses pengurasan akan berakhir di keesokan harinya.

Cara ini dinilai memang sangat lama, namun akan memberikan hasil terbaik atas kembalinya kualitas air pada sumur tersebut. Namun demikian, perlu diketahui bahwa durasi pengurasan air sumur bisa dikatakan rentative sehingga Anda harus sabar untuk mendapatkan air yang berkualitas. Permasalahan ini bisa dikarenakan kedalaman sumur yang terlalu dangkal. Pasalnya, beberapa masalah serupa juga pernah terjadi dan ketika sumur tersebut diperdalam, maka air jernih bisa dengan mudah didapatkan kembali.

Tidak dipungkiri lagi bahwasannya air yang kotor disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kondisi tanah yang berlumpur hingga saluran pipa yang sudah berkarat dan bocor. Masalah semacam ini jika dibiarkan akan berakibat pada munculnya berbagai gangguan kesehatan seperti diare.

Oleh sebab itu, ketika Anda mendapati kualitas air sumur berkurang karena kondisinya yang kotor, pastikan Anda segera melakukan berbagai tindak lanjut termasuk menerapkan cara kuras sumur dengan memanfaatkan keberadaan jasa sumur bor. Dengan cara ini, nantinya Anda tidak perlu lagi khawatir terhadap kualitas air sumur Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *