Cara Menghilangkan Bau Air Sumur Secara Sederhana Dan Ampuh

Cara Menghilangkan Bau Air Sumur Secara Sederhana Dan Ampuh

Air sumur yang berbau menjadi indikator air yang kurang sehat. Jika air dirumah Anda berbau, Anda bisa memperaktikan cara menghilangkan bau air sumur berikut ini untuk mengatasinya. Banyak penyebab yang mengakibatkan air sumur menjadi berbau misalnya ada bangkai binatang yang ada didalam sumur, gas hydrogen sulfide (H25) dan campuran besi dan mangan di dalam air. Keberadaan bakteri di dalam sumur juga dapat menyebabkan bau tidak sedap yang mengganggu.

Selain itu posisi sumur yang terlalu dekat dengan septic tank juga bisa memunculkan gas H2S yang menyebabkan air berbau seperti telur busuk. Seharusnya posisi sumur minimal berjarak 10 meter dari septic tank dan sumur ditutup agar tidak mudah tercemar ketika sedang digunakan.

Lalu, apa yang perlu dilakukan jika air sumur terlanjur bau? Simak cara menghilangkan bau air sumur secara sederhana berikut ini!

Cara Menghilangkan Bau Air Sumur Di Rumah Ampuh
  1. Menghilangkan bau air sumur dengan kaporit dan tawas

Menggunakan kaporit atau tawas dipercaya dapat menghilangkan bau dari air sumur. Cara ini juga efektif menghilangkan bau besi yang sering tercium pada air sumur karena kadar besi atau mangan yang tinggi.

Pertama yang Anda lakukan adalah menampung air sumur terlebih dahulu pada satu tempat, misalnya menggunakan toren air, bak penampungan air. Masukan tawas kedalam bak penampungan tersebut dengan perbandinga 1 kg tawas untuk 1000 liter air tunggulah beberapa hari hingga bau pada air menghilang sebelum Anda menggunakan air tersebut.

  1. Menggunakan hidrogen peroksida

Beberapa bahan kimia terbukti efektif menghilangkan bau air sumur, contohnya hidrogen peroksida dan sodium hipoklorit.

Bahan-bahan kimia tersebut biasa digunakan sebagai bahan pemutih untuk pakaian dan dapat digunakan untuk menjernihkan air.

Gunakan bahan kimia sesuai dengan takaran, satu sendok makan bahan kimia dapat digunakan untuk 1000 liter air.

  1. Memanfaatkan arang kelapa

Jika Anda tidak suka menggunakan bahan kimia, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami untuk menghilangkan bau air sumur yaitu menggunakan arang kelapa. Aranag kelapa mengandung bahan karbon aktif yang gunanya untuk mengikatkotoran – kotoran penyebab bau di dalam air.

Caranya siapkan arang kelapa terlebih dahulu, kemudian bungkus arang kelapa tersebut dengan kain, kemudian masukkan ke dalam bak penampung air atau sumur agar air sumur bebas bau.

  1. Melakukan kuras sumur

Jika sumur dirumah Anda sudah berbau yang berlebihan, yang bisa Anda lakukan adalah melakukan kuras sumur, cara ini bisa Anda lakukan sendiri menggunakan mesin pompa air disel tetapi jika lubang sumur terlalu dalam mesin pompa disel tidak akan kuat untuk menyedot air didalam sumur.

Jika sudah demikian tidak ada cara lain kecuali Anda menggunakan jasa kuras sumur professional, para tukang kuras sumur ini menggunakan mesin pompa air disel yang memiliki tenaga lebih besar dari pada mesin pompa air disel yang sering kita temui, dengan begitu air di dalam sumur yang berbau akan tersedot keluar dan akan beganti air yang baru.

  1. Menggali sumur lebih dalam

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara baik dengan bahan kimia ataupun bahan alami tetapi bau air sumur tak kunjung hilang, barangkali Anda perlu menggali sumur lebih dalam.

Sumur yang terlalu dekat dengan permukaan tanah lebih rentan terkontaminasi oleh bau dari selokan dan septic tank.

Solusinya, Anda dapat memperdalam sumur sehingga sumber bau yang ada di sekitar dapat terhindarkan.

  1. Melapisi dinding sumur dengan semen

Melapisi dinding sumur dengan semen juga bisa menjadi cara ampuh karena menghindari adanya rembesan kotoran dari tanah. Cara ini dapat Anda coba jika sumber bau sudah diketahui secara pasti.

Caranya, lapisi dinding sumur dengan semen untuk mencegah kebocoran bau dari sekeliling sumur sehingga kualitas air sumur tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau air sumur yang dapat Anda coba di rumah.

Tidak terlalu sulit, bukan? Jangan lupa, jika Anda membutuhkan jasa sedot WC untuk menguras kotoran yang sudah penuh didalam septic tank rumah Anda !. Anda bisa menggunakan jasa kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *