Cara Membuat Menara Tower Tangki Air

Cara Membuat Menara Tower Tangki Air Tandon Yang Kokoh

Tandon air atau disebut juga tangki air mempunyai fungsi sebagai tempat penampungan air dan pengatur distribusi air ke seluruh area rumah. Untuk tujuan kelancaran pendistribusian air ke kamar mandi, dapur, dan taman maka tandon air harus di tempatkan diposisi yang lebih tinggi. Hal ini juga bisa menghemat pemakaian listrik maka di perlukan tower tangki air. Berikut cara membuat menara tower tangki air yang kokoh.

Membuat menara air yang kokoh dan tahan lama perlu memperhitungkan beban berat tandon tangki air yang akan dipasang. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas cara membuat menara tangki air yang kuat dan kokoh. Ikuti langkah – langkahnya dari awal sampai akhir jangan sampai ada tahapan yang terlewati.

Ada dua jenis menara tower air yang bisa Anda pilih, yaitu menara air dari beton yang bersifat permanan. Dan menara tower dari rangka besi atau galvalum. Dari kedua jenis tersebut mana yang lebih kokoh dan kuat sebagai tower tandon air.

Pengukuran Dasar Membuat Menara Tower Tangki Air

Untuk membuat menara tandon air atau tower tangki air yang kokoh terlebih dahulu harus dilakukan pengukuran beberapa hal sebagai berikut  :

  • Kapasitas tandon tangki air yang akan digunakan
  • Ukuran diameter tandon air
  • Lokasi penempatan menara
  • Ketinggian menara tangki air

Kapasitas tangki atau tandon air

Lakukan pengukuran kapasitas tangki air yang dikehendaki. Misal menghendaki toren atau tandon air dengan kapasitas 5000 liter. Apakah akan menggunakan 1 tandon atau dengan 2 tandon. Untuk kapasitas 5.000 liter jika menggunakan 1 tandon, tersedia tangki air kapasitas 5.500 liter. Apabila memilih menggunakan 2 tandon air, bisa menggunakan 3.300 liter 1 buah dan ukuran 2.200 liter 1 buah.

Ukur diameter tandon air

Ini sangat penting, untuk menentukan ukuran luas lantai menara tower tangki air. Sebagai contoh dimensi tandon air 5.500 liter adalah diameter 1870 mm atau 187 cm Tinggi 2340 mm atau 234 cm. Maka luas lantai menara minimal adalah 225 cm X 225 cm.

Apabila menggunakan 2 tandon tangki air, diameter tandon air 3.300 liter memiliki lebar diameter 1480 mm atau 148 cm tinggi tandon 2110 mm atau 211 cm. Tandon air 2.200 liter memiliki diameter lebar 1270 mm atau 127 cm dan tinggi 1850 mm atau 185 cm.

Luas lantai menara tower tangki jika menggunakan 2 tandon air minimal 300 cm X 175 cm. Harus ada space yang longgar untuk memudahkan pemasangan dan saat Anda melakukan pembersihan tandon air.

Luas lokasi menara

Jika sudah mengetahui luas lantai menara tandon air, maka lebih mudah menghitung luas tanah yang akan digunakan membangun menara air. Luas tanah yang harus disiapkan untuk membuat pondasi menara tandon air atau tower tangki air minimal sama dengan luas lantai atau lebih sedikit.

Ukuran luas tanah dengan menggunakan 5.500 liter minimal ada 225 cm X 225 cm atau 235 cm X235 cm. Ketinggian menara juga mempengaruhi luas tanah pondasi. Semakin tinggi harus semakin kuat pondasinya. memerlukan luas tanah lebih lebar.

Bila Anda memasang dua tangki air 3.300 liter dan 2.200 liter luas tanah minimal adalah 300 cm X 127 cm atau dilebihkan sedikit untuk pondasi 325 cm X 150 cm. Pondasi untuk desain 2 tangki harus lebih kokoh dan kuat.

Ketinggian menara air

Berapa ketinggian menara tandon air yang diperlukan? untuk rumah 1 lantai cukup menggunakan tinggi 6 meter. Apabila untuk rumah 2 lantai ketinggian tower air paling tidak 12 meter. Pondasinya harus lebih kokoh. Agar jika ada angin dan hujan tetap aman.

Semakin tinggi menara air maka tekanan air yang dialirkan semakin deras dan jangkauannya semakin jauh. Ketinggian menara air tower tangki untuk kebutuhan rumah tangga dan pabrik tentu berbeda. Semakin banyak kran air yang dibuka maka aliran air juga semakin mengecil.

Membuat Menara Tandon Air Dari Rangka Besi Kapasitas 5000 Liter

Setelah dilakukan pengukuran, tinggal dilakukan desain atau rancangan gambar. Berikut adalah rancangan gambar menara tandon air menggunakan rangka besi.

Setelah membuat rancangan gambar untuk tower air, Anda bisa menghitung biaya dan kebutuhan bahan – bahan untuk membuat menara air. Kapasitas air 5000 liter memiliki bobot 5000 Kg atau 5 Ton.

Perlu dirancang sebaik mungkin, mulai dari pondasi dan rangka besi yang dipilih. Salah dalam merancang bisa berakibat fatal,  pondasi yang tidak kuat bisa miring. Rangka besi yang tidak kuat menyebabkan ambruk atau patah. Pilihlah material yang terbaik untuk tower tangki air yang kokoh.

Material Tower Tangki Air Rangka Besi

Untuk kapasitas menara air 5000 liter memerlukan beberapa elemen diantaranya adalah :

  1. Tiang kolom
  2. Balok horizontal
  3. Batang diagonal
  4. Reiling menara
  5. Tangga besi
  6. Lantai menara

Spesifikasi material konstruksi antara lain:

  • Tiang kolom WF 150x75x5x7, dengan jarak 1,6×2,4 meter. beserta dengan angkur baja Ø16×500 mm, @4 buah.
  • Batang horizontal memakai besi Siku 2L 50x50x5, tiap jarak @1,20 meter
  • Pengaku antar kolom dan batang horizontal juga dari 2L 50x50x5
  • Lantai menara berukuran 2,3×2,4 meter persegi. Memakai material WF 150x75x5x7, L 50x50x5, serta lantai plat bordes (t)= 3,2 milimeter
  • Tangga vertikal menggunakan L 50x50x5 dan besi beton Ø16 mm, selebar (L)= 400 milimeter.
  • Reiling semuanya menggunakan besi stal kotak 30×30, dengan ketinggian 750 milimeter.
  • Dibutuhkan pelat buhul, yaitu tebal (t)= 6 milimeter.

Adapun untuk ukuran lubang baut dan angkur baja, sesuai ukuran SNI. Lebih Detail silahkan Anda baca dalam artikel contoh kerangka menara tower air 5 m3.

Merancang Kerangka Besi Tower Air Yang Kokoh

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat rancangan tower air yang kokoh adalah antara beban dan pondasi. Untuk kapasitas 5000 liter memiliki beban massa air = 5,5 Ton. Sehingga pondasi yang disiapkan harus mampu menahan beban minimal 6,5 Ton. Segera konsultasikan dengan tenaga ahli yang Anda percaya untuk menghitung ukuran pondasi tower air dengan beban 6,5 ton.

Membuat Tower Air Dari Beton

Alternatif lain membuat menara tower tangki air dari rangka besi adalah menggunakan beton. Pengerjaan desain kontruksi menara tower air dari beton memerlukan waktu lebih lama, karena pengecoran beton memerlukan proses pengeringan. Berbeda dengan kontruksi rangka besi, lebih cepat selesainya.

Rancangan kontruksi menara air dari beton tentu berbeda dengan tower air rangka besi. Menggunakan menara air beton yang kokoh harus menggunakan struktur besi SNI. pastikan kualitas campuran semen, batu koral dan pasir yang sesuai. Pilih tukang batu yang memiliki pengalaman baik dalam membuat struktur tower air.

Berat beban yang harus ditopang adalah 6,5 ton, Kedalaman pondasi harus sesuai. Harus dilakukan penghitungan yang matang oleh ahlinya, minimal tukang batu yang memiliki pengalaman dalam membuat menara tower air dari beton.

Perawatan Menara Air

Penggunaan menara air untuk jangka panjang, maka harus dilakukan perawatan, agar bisa lebih tahan lama. Untuk Menara air dari rangka besi harus dilakukan pengecatan agar tidak mudah korosi karena terkena hujan dan panas tiap hari.

Untuk Menara air dari beton juga perlu dilakukan pengecatan, lebih baik lagi menggunakan lapisan cat anti bocor water proof untuk melindungi beton dari panas dan hujan. Sehingga beton akan tahan lama, lebih terlindungi, tidak mudah keropos.

Biaya Pembuatan Menara Tower Air

Lebih murah mana biaya pembuatan menara tangki air rangka besi dengan tower air beton? Menurut pendapat banyak orang biaya pembuatan lebih murah tower air dari beton. Dengan perbandingan harga besi yang mahal, dan membutuhkan biaya angkut. Meskipun pemasangannya lebih gampang, tetapi tenaga ahli untuk merakit siku – siku besi ini tidak murah.

Untuk biaya pembuatan menara tower tangki air untuk tandon dari beton ini bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Bahkan material besi beton untuk membelinya banyak toko bangunan yang menyediakannya. Kalau besi untuk rangka tower air biasanya hanya toko – toko tertentu saja, kecuali besi siku biasa yang umum dijual.

Semua kembali pada diri Anda sendiri untuk menentukan pilihan, apakah memakai rangka besi atau menggunakan cor beton. Atau Anda mau mencoba alternatif lain memakai galvalum baja ringan. Tentu harus benar – benar diukur kekuatannya. Jika untuk kapasitas tandon air 1200 kebawah mungkin masih kuat. Tetapi jika menggunakan kapasitas diatas 2.200 liter keatas sebaiknya menggunakan rangka besi atau beton saja yang sudah pasti kuat.

Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat, membantu Anda dalam menyiapkan membuat menara tower tangki air tandon yang kokoh. Saran kami carilah refrensi lain yang bisa menambah wawasan Anda. Untuk tandon air gunakan tandon air yang sudah terbukti kualitasnya supaya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *