Cara Memasang Closet Duduk

Cara Memasang Closet Duduk

Dimasa ini, closet duduk tak hanya bisa Anda temui di mall atau hotel berkelas saja. Ya, prestise menggunakan closet duduk memang biasa digunakan oleh golongan kelas atas telah berubah seiring perkembangan jaman. Semua lapisan masyarakat bisa saja menggunakan closet duduk karena kemudahan mendapatkan produk ini di pasaran. Closet duduk direkomendasikan untuk orang yang menderita arthritis atau lansia yang kesulitan jongkok dari segi kesehatan. Lalu, bagaimana cara memasang closet duduk?

Cara memasang closet duduk

Anda harus memastikan bahwa kamar mandi yang hendak dipasangi closet duduk telah dipasang keramik  dan diisi nad lebih dulu. Siapkan pula saluran air bersih yang berukuran sekitar ½ inci di belakang closet yang hendak dipasang.

Selain itu, pastikan telah memasang pipa ukuran 4 inci sebagai saluran pembuangan dengan ujung pipa sejajar.  Anda bisa mengikuti tutorial cara memasang closet duduk berikut ini.

  1. Membuka kaver set closet dan baca petunjuk pemasangan. Membaca petunjuk pemasangan merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan sebab setiap merek closet memiliki jarak ideal dinding belakang closet ke bagian tengah pipa minimal 30 sentimeter. Cara memasang closet duduk setiap merek pasti ada pada buku tutorial atau prosedur resmi.
  2. Persiapkan alat yang dibutuhkan. Sebelum mempraktikkan cara memasang closet duduk, sebaiknya Anda mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan lebih dulu yaitu bor listrik, gergaji besi, meteran ukur, obeng plus, obeng minus, kunci inggris, catut atau tang kakaktua, lim silikon, kunci pipa, kunci 10, kunci 12, dan dynabolt ukuran 10 mm dua buah saja.
  3. Persiapkan lubang pembuangan dan saluran suplai air bersih yang telah dijelaskan sebelumnya.
  4. Lakukan pengukuran lubang penguci bowl, tandai dengan pensil atau pena. Lalu, lubangi bagian sisi kanan dan kiri dengan ukuran jarak sesuai merek closet yang Anda beli. Bagilah menjadi dua titik di bagian tengah pipa, masukkan dynabolt 10 mm, kencangkan menggunakan kunci 12 sebelum melepaskan mur.
  5. Balik closet, pasang wax ring dengan bagian sisi lubang ditekan kuat. Anda harus memastikan bahwa sisi lubang closet lengket.
  6. Pasang stop kran, T Drat dan flexible hose pada bagian belakang closet. Sebaiknya gunakan kunci inggris untuk memastikan drat benar-benar kencang. T wajib dipasang di bagian belakang closet lebih dulu kalau closet duduk Anda memiliki bijet. Pasalnya, pemasangan T di bagian belakang closet duduk akan mempermudah Anda dalam memasang stop kran. Jangan lupa untuk memasang jet shower yang akan memudahkan Anda dalam melakukan aktivitas rutin nanti.
  7. Lubang pipa yang telah terpasang dynabolt pada kedua sisi kanan dan kiri bisa langsung Anda pasangkan closet. Pastikan kaki closet masuk sempurna pada dynabolt dan pasang ring serta mur secara kuat dan kencang menggunakan kunci 12.
  8. Alat-alat dalam tangki harus terpasang sebelum dipasangkan pada closet. Jangan lupa memasang rubber tank lebih dulu untuk mencegah bocor dan dudukan tanki.
  9. Anda harus menyambung flexible hose pada T dan tank trim, kencangkan dengan memutar dratnya.
  10. Atur ketinggian air pada mangkuk closet duduk sesuai dengan ukuran atau selera Anda sebelum memasang tutup tangki dengan tombol push botton.
  11. Pasang penutup duduk closet sebagai cara memasang closet duduk terakhir.

Sebelum menggunakan closet duduk, ada baiknya Anda melakukan pengetesan terlebih dahulu sebagai antisipasi closet belum terpasang sempurna. Rembesan  kebocoran pada tangki bisa saja terjadi. Jika Anda masih awam dengan cara memasang closet duduk, sebaiknya menggunakan jasa tukang atau pemasangan closet duduk yang terpercaya. Hasil pengerjaan jelas lebih bagus dan menjamin tidak terjadi rembesan pada tangki atau flexible hose closet duduk Anda, tetapi jika Anda mengikuti semua tutorial yang kami tulis ini secara urut dan teliti dapat di pastikan Anda dapat memasang closet duduk sendiri di rumah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

One comment on “Cara Memasang Closet Duduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *