Biaya Pembuatan Septic Tank 2021

Biaya Pembuatan Septic Tank 2021

Setiap rumah yang dibangun tentu mempunyai saluran pembuangan berupa septic tank. Dengan begitu, pembangunan limbah pun dapat dilakukan dengan benar dan lancar sesuai semestinya. Limbah tinja industri rumah tangga pun tidak mengalir ke sembarang tempat yang dapat mencemari lingkungan. Saat Anda ingin membuat tempat untuk buang limbah tersebut, maka tentu Anda memerlukan biaya pembuatan septic tank.

Membangun septic tank sendiri tentu merlukan beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Yang mana septic tank tersebut sendiri adalah sebuah wadah yang digunakan untuk pengolahan limbah dari kloset. Untuk itu dalam membuatnya, selain Anda harus mengetahui berapa besaran biaya pembuatan septic tank, ada baiknya juga mengetahui seperti apa pembuatan septic tank dengan benar di bawah ini.

Biaya Pembuatan Septic Tank 2021
Biaya Pembuatan Septic Tank 2021
Bagaimana Pembuatan Septic Tank Dilakukan?

Septic tank merupakan sebuah tempat yang berbentuk seperti bangunan disekat yang terbuat dari bata kemudian diberi pelat beton. Untuk membuat bangunan ini sendiri tentu harus disesuaikan dengan standar yang ada agar penggunaannya pun dapat maksimal tanpa mengganggu kesehatan. Di bawah ini beberapa informasi pembuatan septic tank tersebut yang bisa Anda ketahui:

  1. Septic tank digunakan dengan ukuran yang tepat.

Untuk pembuatan septic tank sangat penting membuatnya dengan ukuran yang tepat. Jangan sampai, Anda membuat septic tank dengan ukuran yang kecil sehingga hanya menyebabkan daya tampungnya sedikit. Kalau begini, maka septic tank tersebut akan lebih cepat penuh. Anda tentu memerlukan biaya yang lebih banyak saat ada masalah dari septic tank yang ukuran kecil tersebut.

  1. Pembuatan septic tank harus kokoh

Untuk menghindari kebocoran, pembuatan septic tank dengan kokoh tentu sangat diperlukan. Untuk itu, saat membuatnya Anda memerlukan material yang berkualitas. Dengan begitu bangunan tersebut tidak mudah roboh dan bocor.

  1. Hindari pembuatan septic tank yang terlalu dekat dengan sumur

Ada baiknya pembuatan septic tank dilakukan dengan berjauhan dari sumber air atau sumur. Dengan begitu, air yang digunakan untuk keperluan di rumah tidak terpapar dan tercemari dari septic tank.

  1. Pemasangan saluran septic tank dibuat dengan benar

Dalam pembuatan septic tank juga harus memperhatikan pemasangan saluran yang benar. Jika tukang yang melakukan pemasangan saluran belum berpengalaman atau tidak tau bagaimana cara pemasangan saluran septic tank yang benar maka akan sangat merugikan. Untuk itu Anda harus mengetahuinya dan memastikan saluran septic tank yang di pasang usahakan tidak ada belokan dan posisi saluran harus miring atau menurun dari kloset menuju septic tank.

Yang pasti, pembuatan septic tank sangat perlu dibuat sesuai dengan standar SNI. Anda bisa menentukan desain ukuran, material, dan lain sebagainya. Untuk membuatnya sendiri Anda bisa memilih untuk membuat jenis septic tank dengan menggunakan beberapa bahan. Seperti buis beton, fiber, hingga batu bata.

Dari ketiga bahan tersebut tentu akan memiliki harga yang berbeda-beda.Sebagai gambaran lebih lanjut simak seperti apa biaya untuk pembuatan septic tank yang menggunakan bahan batu bata di bawah ini.

Kisaran Biaya Pembuatan Septic Tank 2021

Septic tank adalah salah satu bangunan yang sangat penting untuk dimiliki. Umumnya bangunan tersebut dibangun dengan menggunakan batu bata sebagai bahan utamanya. Untuk biaya pembuatan septic tank ini sendiri sangat beragam. Sebagai perkiraan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu rincian bangunan dan keperluan yang dibutuhkan untuk membangun septic tank tersebut.

Misalnya saja saat Anda ingin membangun septic tank dengan kedalaman 2 m dan ukuran 2 m x 2 m. Dari sini sini dapat disimpulkan beberapa struktur bangunan untuk membuat septic tank tersebut:

  1. Tanah yang sudah digali : 2m x 2m x 2m total 8 m3
  2. Lantai yang diperlukan : 2m x 2m x 0,05 m total 0,2 m3
  3. Cor beton lantai : 2m x 2m x 1 m total 0,4 m3
  4. Batu bata sebagai dinding : 4 sisi x 2m x 2m total 16 m2
  5. Cor beton penutup : 2m x 2m x 0,15 m total 0,8 m3

Dari beberapa keterangan yang sudah didapatkan di atas, maka dari situ Anda bisa mendapatkan berapakah kisaran biaya pembuatan septic tank. Yakni dengan cara mencari harga satuan masing-masing pekerjaan yang diperlukan dengan mengkalikan volumenya. Di bawah ini selengkapnya:

  1. Galian pada tanah 8m3 x Rp.25.000 total Rp.200.000
  2. Lantai yang digunakan 0,2m3 x Rp.500.000 total Rp.100.000
  3. Cor lantai yang digunakan untuk membuat dasar septic tank 0,4m3 x Rp.500.000 total Rp.200.000
  4. Batu bata yang digunakan sebagai dinding 16m2 x Rp.45.000 total Rp.720.000
  5. Cor beton yang berfungsi sebagai penutup 0,8m3 x Rp.1.000.000 total Rp.800.000
  6. Sebagai tambahan, Anda juga memerlukan pipa dan penutup septictank yang bisa dinilaikan memerlukan dana sekitar Rp.100.000

Dari beberapa gambaran di atas, maka Anda tentu sudah bisa menentukan berapakah kisaran pembuatan biaya yang sangat diperlukan untuk pembuatan septic tank tersebut. Apabila Anda menotalkan dari semua biaya yang sudah dirincikan di atas, maka total biaya yang diperlukan untuk membuat septic tank tersebut bisa berkisar sampai Rp. 2.120.000.

Kisaran biaya tersebut merupakan contoh perhitungan yang tentu semuanya harus disesuaikan dengan harga yang ada di lokasi pembangunan. Selain itu, terdapat faktor-faktor lain juga yang bisa mempengaruhi besaran biaya tersebut. Namun Anda tetap bisa menjadikan beberapa rincian yang sudah disebutkan di atas sebagai acuannya.

2 comments on “Biaya Pembuatan Septic Tank 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *