Tips Memilih Floor Drain Untuk Rumah

Tips Memilih Floor Drain Untuk Rumah Anda

Setiap rumah pasti mempunyai floor draian atau biasa disebut juga avur. Floor drain mempunyai fungsi yang sangat penting untuk sanitasi di rumah. Biasanya, benda satu ini dipasang pada lantai kamar mandi atau toilet untuk menutup lubang saluran pembuangan air kotor.

Floor drain merupakan saringan pada saluran pembuangan air sehingga menjadi tujuan masuknya air buangan dari kamar mandi atau toilet ke dalam pipa saluran pembuangan. Alat satu ini mempunyai fungsi antara lain menyaring kotoran seperti sampah plastik, wadah shampo, wadah sabun, rambut rontok dan lainnya supaya tidak masuk ke dalam lubang saluran pembuangan air. Floor drain juga bisa mencegah terjadinya genangan pada kamar mandi atau toilet akibat kotoran dan sampah yang menyumbat saluran pembuangan.

Supaya floor drain tidak tersumbat atau mampet serta dapat berfungsi dengan baik, diperlukan perawatan berkala. Melakukan perawatan ini untuk menghindari tersangkutnya rambut, kotoran, plastik dan lain – lain yang dibuang di dalam kamar mandi.

Jika sedang memilih floor drain untuk rumah Anda, berikut panduannya:

  • Perhatikan bentuknya

Jika dilihat dari bentuk dan ukuran, floor drain terbagi menjadi dua jenis, yaitu lembaran dan magkokan. Jenis floor drain yang berbentuk mangkokan mempunyai daya serap yang kuat dan juga lebih aman jika terinjak. Selain itu, untuk perawatannya juga relative lebih mudah dibandingkan dengan floor drain lembaran.

  • Mudah dibuka dan ditutup

Sebaiknya memilih floor drain yang gampang untuk dibuka – tutup sehingga memudahkan Anda ketika membersihkan. Jika saluran air di kamar mandi atau toilet selalu bersih, maka bau yang tidak sedap pun tidak akan muncul.

  • Perhatikan ukuran lubang floor drain

Floor drain yang ada di pasaran cukup beragam desain ukuran lubang penyaringnya. Plihlah floor drain dengan lubang penyaring yang banyak dan berukuran kecil supaya sampah atau kotoran dapat tersaring dengan baik.

  • Memiliki bola di dalamnya

Floor drain yang dilengkapi dengan bola jauh lebih aman karena dapat mencegah masuknya binatang kecil dan serangga ke area kamar mandi dari saluran pipa pembuangan. Tak perlu khawatir, air tetap bisa mengalir melalui saluran tersebut. Untuk pemasangan floor drain ditempatkan diatas lubang pembuangan air.

  • Memiliki saringan dua tingkat

Memilih Floor drain yang memiliki saringan dua tingkat lebih baik dibanding yang cuma satu  tingkat, didesain untuk mempermudah proses penyaringan sampah atau kotoran. Jika saringan tingkat pertama tidak mampu menyaring dan menampung kotoran, maka akan tersaring dan tertampung di penyaringan tingkat dua.

  • Berkualitas baik dan kuat

Ada banyak floor drain yang memiliki kualitas bagus yang di jual dipasaran. Floor drain yang berkualitas baik dan tahan lama akan memudahkan Anda ketika melakukan perawatan. Selain alasan itu, floor drain yang awet dan kuat akan menghemat biaya untuk mengganti dengan floor drain yang baru di kemudian hari.

Itulah tips memilih floor drain yang tepat untuk rumah Anda. Jika Anda sedang mencari floor drain yang berkualitas dengan harga yang bersahabat. Langsung saja datang ke toko peralatan kamar mandi yang lengkap di dekat rumah Anda.

Jangan lupa baca artikel menarik dan inspiratif lainnya untuk rumah Anda di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *