Manfaat Pipa Angin – Angin Pada Septic Tank

Manfaat Pipa Angin-Angin Pada Septic Tank

Pada setiap bangunan baik itu rumah maupun gedung, keberadaan sanitasi yang baik menjadi ciri atas kondisi bangunan yang sehat. Satu dari sekian banyak sanitasi yang ada adalah septic tank. Pembangunan septic tank akan membantu dalam menampung sisa pembuangan berbagai aktivitas di setiap harinya. Dalam pembuatannya, pihak konstruksi akan mempertimbangkan manfaat pipa angin-angin pada septic tank.

Dengan kata lain, dalam pembuatan septic tank memang ada beberapa hal yang harus diketahui mulai dari ukuran septic tank hingga penempatan beberapa pipa yang didesain sedemikian rupa. Merujuk pada manfaat pipa angin-angin pada septic tank, disebutkan bahwa keberadaan pipa angin tersebut akan memberikan peran yang besar atas kinerja septic tank sebagai tempat pembuangan akhir.

Sekilas Tentang Pipa Angin-angin Pada Septic Tank

Ketika sebuah lubang yang cukup dalam telah selesai dibuat, maka hal selanjutnya yang memang perlu dipertimbangkan dalam menciptakan desain septic tank yang sesuai standard adalah dengan menempatkan pipa angin. Tanpa mengabaikan  manfaat pipa angin-angin pada septic tank, secara umum pipa yang digunakan adalah pipa PVC dengan ukuran diameter 1 ½”. Dalam pembuatannya, pipa ini didesain dengan bentuk T.

Memiliki nama pipa sirkulasi, manfaat pipa angin-angin pada septic tank ini sangat besar karena tanpa adanya pipa tersebut, bisa dibilang bahwa septic tank yang dibuat tidak sesuai dengan standard. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa saja fungsi dari penempatan pipa angin-angin tersebut? Lebih lanjut, berikut beberapa fungsi dari keberadaan pipa tersebut.

  1. Sebagai sirkulasi udara

Salah satu manfaat pipa angin-angin pada septic tank adalah sebagai sirkulasi udara. Dengan kata lain, di dalam septic tank, tekanan udara terbilang sangat tinggi sehingga jika kemudian hari tidak diberikan sirkulasi udara melalui penempatan pipa tersebut, maka sangat besar kemungkinannya akan terjadi suatu ledakan. Melalui instalasi pipa sirkulasi tersebut, nantinya udara di dalam septic tank bisa bertukar.

  1. Mendukung perkembangan bakteri pengurai

Selain menghindari terjadinya ledakan, manfaat pipa angin-angin pada septic tank lainnya adalah membantu dalam meningkatkan perkembangan bakteri pengurai. Peranan bakteri pengurai nantinya akan menguraikan berbagai kotoran yang masuk ke dalam septic tank tersebut. Tanpa adanya sirkulasi udara melalui pipa, maka bakteri akan mati dan sistem penguraian tidak terjadi sebagaimana mestinya hingga menyebabkan bau menyengat.

  1. Membuat septic tank tidak cepat penuh

Melalui pertimbangan atas manfaat pipa angin-angin pada septic tank, maka akan membantu dalam membuat septic tank tidak cepat penuh. Hal ini disebabkan oleh adanya peran bakteri pengurai yang ada di dalamnya. secara tidak langsung, cara ini juga akan memberikan manfaat ekonomis atas tidak terlalu sering dalam memanfaatkan sedot wc demi mengosongkan galian septic tank.

  1. Meminimalisir atas aroma di kamar mandi

Sebuah septic tank dibuat dengan mempertimbangkan manfaat pipa angin-angin pada septic tank yang menjadi jalur sirkulasi udara di dalam septic tank. Bayangkan saja jika kemudian tidak ada pipa sirkulasi tersebut, maka bisa disimpulkan jika bisa saja gas di dalam bak septic tank akan kembali keluar melalui saluran di dalam kamar mandi sehingga kamar mandi memiliki aroma yang kurang sedap hingga mengganggu kenyamanan.

Tidak dipungkiri lagi bahwa ada banyak sekali manfaat pipa angin-angin pada septic tank untuk diperhatikan ketika Anda membuat sebuah septic tank. Secara umum, pipa sirkulasi yang berbentuk T tersebut akan menghindari adanya ledakan septic tank, mendukung perkembangan bakteri pengurai hingga menghindari aroma kamar mandi yang kurang mengenakkan. Atas manfaat tersebut, pastikan Anda selalu mempertimbangkan keberadaan pipa angin-angin pada sebuah septic tank.

One comment on “Manfaat Pipa Angin – Angin Pada Septic Tank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *