Cara Mengatasi Septic Tank Mudah Penuh

Cara Mengatasi Septic Tank Mudah Penuh

Ukuran dan jumlah penghuni rumah yang banyak sangat mempengaruhi septic tank mudah penuh. Idealnya septic tank butuh dikuras atau sedot setiap 1-2 tahun sekali. Jika ukuran septic tank kecil, Anda butuh waktu lebih singkat untuk melakukan penyedotan limbah secara berkala. Namun, septic tank yang baru dikuras pun bisa mengalami overload saat musim penghujan tiba. Kenapa ya? Anda harus tahu penyebab dan cara mengatasi septic tank mudah penuh berikut ini.

Penyebab septic tank di rumah mudah penuh saat musim penghujan

Kala musim penghujan tiba, debit air tanah lebih tinggi sehingga mengurangi daya serap limbah ke tanah. Bakteri pembusuk tidak bisa melakukan proses penguraian secara maksimal sehingga menimbulkan masalah wc penuh. Kemungkinan bau tidak sedap bakal menguar hingga ke ruangan lain. Tentu kondisi septic tank yang mudah penuh membuat lingkungan kurang nyaman. Aktivitas rutin Anda di kamar mandi pun terganggu akibat WC cepat penuh.

Faktor lain yang menyebabkan masalah septic tank mudah penuh adalah kemungkinan memasukkan limbah non organik ke dalam saluran pembuangan. Limbah plastik bekas sampo, pembalut, puntung rokok, dan lain-lain bisa membuat masalah wc mudah penuh. Mengingat benda-benda tersebut tidak bisa diurai bakteri, bukan? Tak hanya bisa menyebabkan septic tank mudah penuh, limbah non organik juga rentan membuat saluran pembuangan mengalami penyumbatan atau mampet.

Cara mengatasi septic tank mudah penuh yang efektif

Tak perlu bingung bagaimana cara mengatasi septic tank mudah penuh, Anda bisa mempraktikkan beberapa tips rekomended berikut ini.

  • Menambahkan obat penumbuh bakteri

Penyebab wc mudah penuh bisa dikarenakan kehidupan bakteri pengurai yang kurang baik. Anda bisa mengatasi permasalahan ini dengan membeli obat penumbuh bakteri yang banyak dijual di toko sekitar. Baca aturan pakai sebelum memasukkan obat penumbuh bakteri ke saluran pembuangan di kamar mandi Anda

  • Jangan terlalu sering membersihkan toilet menggunakan bahan karbol

Kemungkinan bakteri pengurai mati karena Anda terlalu sering menggunakan pembersih karbol. Penggunaan bahan kimia memang membuat toilet terlihat lebih bersih dan mengkilap, tetapi Anda harus waspadai dampak negatifnya untuk kehidupan bakteri pengurai. Cara mengatasi septic tank mudah penuh adalah mengontrol perawatan Anda pada kebersihan toilet.

  • Gunakan jasa sedot wc

Jika kapasitas septic tank overload, Anda memang tidak memiliki cara mengatasi septic tank mudah penuh yang efektif kecuali menggunakan jasa sedot wc berkualitas. Pastikan Anda bekerja sama dengan jasa sedot WC yang kredibel dan memberikan garansi hasil memuaskan. Cek kembali rekam jejak atau portofolio jasa sedot WC yang memiliki tim siap melakukan tugas penyedotan tanpa sisa. Anda jelas tidak ingin lingkungan di sekitar rumah menjadi kotor setelah upaya penyedotan dilakukan, bukan?

Beberapa cara mengatasi septic tank mudah penuh di atas bisa Anda lakukan di rumah untuk mengatasi masalah vital ini. Ada baiknya Anda mempertimbangkan banyak hal sebelum membangun septic tank di lingkungan rumah. Pastikan Anda memperhatikan kemiringan pipa, pemilihan pipa yang sesuai dengan rancangan saluran pembuangan, ukuran yang sesuai dengan jumlah penghuni rumah dan pilih bak penampung dari material kuat dan tahan air.

Septic tank yang Anda bangun bisa menampung kapasitas limbah seluruh anggota keluarga tanpa mudah penuh atau mampet. Jadi, selektif membangun septic tank sejak awal bisa membantu Anda meminimalisir risiko septic tank mudah penuh. Anda jelas bisa menggunakan toilet dengan nyaman tanpa bau busuk meluber ke mana-mana akibat kapasitas septic tank yang penuh. Yuk, terapkan cara mengatasi septic tank mudah penuh agar lingkungan keluarga sehat bisa terwujud!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *