Cara Memperbaiki Flush Closet Duduk

Cara Memperbaiki Flush Closet Duduk Rusak Bisa Anda Perbaiki Sendiri

Flush closet duduk dirumah Anda macet tidak berfungsi ? Bagian tombol ini merupakan bagian yang paling sering digunakan oleh penguna karena fungsinya yang digunakan untuk menyiram kotoran setelah BAB. Komponen ini merupakan komponen dari closet duduk yang paling sering mengalami kerusakan.

Adapun penyebab kerusakan yang paling sering pada flush closet duduk adalah, karet penyumbat pada rangkaian sistem flush, ring handle dan pengatur tinggi rendahnya air, meskipun merek closet yang Anda gunakan adalah brand terkenal tidak luput juga mengalami kerusakan ini. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh pemakaian yang sudah lama.

Cara Memperbaiki Flush Closet Duduk
Cara Memperbaiki Flush Closet Duduk

Jika Anda tidak mau repot untuk memperbaiki sendiri Anda bisa memanggil tukang yang bisa memperbaiki komponen yang rusak tersebut, Namun jika Anda berencana untuk memperbaikinya sendiri beberapa cara yang kami tuliskan ini dapat Anda lakukan sebagai langkah mudah melakukan perbaikan, berikut adalah cara memperbaiki flush closet duduk yang bisa Anda lakukan.

  1. Menganalisa kerusakan

Langkah yang paling awal yang harus Anda lakukan adalah melakukan analisa kerusakan, beberapa kerusakan mungkin saja terjadi pada beberapa komponen flush closet duduk seperti yang telah disingung sebelumnya, bisa saja disebabkan oleh sistem mekanis yang terdapat pada flush tersebut. Kerusakan bisa juga terjadi pada tali atau rantai pengait jika jenis flush yang ada dirumah Anda berjenis tuas, kemudian karet yang telah aus atau tombol yang macet jika jenis flus closet adalah tombol.

  1. Buka tutup penampungan air

Jika Anda sudah menemukan bagian mana yang mengalami kerusakan maka selanjutnya adalah mulai untuk memperbaiki komponen yang rusak pertama buka tutup penampungan air pada closet. Kemudian langsung menuju pada bagian yang mengalami kerusakan. Untuk lebih detail dalam melakukan perbaikan komponen flush yang rusak maka ikuti langkah selanjutnya pada urutan yang ke 3

  1. Mulai memperbaiki atau ganti komponen yang rusak
  • Flapper

Ini merupakan bagian mekanis flush dari sebuah closet duduk, komponen ini terletak di bagian tengah sisi bawah persis penyimpanan air, katup flapper ini berfungsi membuka bejana penyimpan air untuk di salurkan ke area pembuangan kotoran. Kerusakan biasanya disebabkan karena sangat sering digunakan sehingga menjadi lemah hingga akhirnya longgar, aus hingga akhirnya bocor. Sebagai solusi perbaikan, lepaskan karet flapper dan ganti dengan yang baru.

  • Katup pengisi air

Memperbaiki flush closet duduk selanjutnya adalah memperbaiki katup pengisi air. Komponen ini terletak di sisi kiri penyimpanan air. Fungsi komponen ini adalah mengatur masuknya air ke penampungan karena sering digunakan kinerjanya pun bisa menjadi lemah, selain intensitas penggunaan kerusakan pada katup pengisi air ini juga biasanya disebabkan karat karena kadar air yang terlalu banyak kandungan besi. Solusinya sangat mudah, cari segel karet yang terletak dibagian dalam, gunakan obeng untuk bantuan dan gantilah dengan yang baru, sangat mudah bukan ? atau penyebab kerusakan juga bisa terjadi pada valve sumber air yang biasa berada dibagian bawah, jika hal ini terjadi maka Anda harus mengantinya dengan komponen baru.

  • Tuas atau tombol

Seperti yang telah Kami utarakan sebelumnya bahwa kerusakan flush closet duduk bisa disebabkan oleh tombol macet, tali rantai putus atau tersangkut, tuas patah. Solusinya, jika tali maka lakukan penyambungan dengan alat yang sekiranya bisa memperbaiki, penjepit, peniti atau alat lain. Jika permasalahan masih saja terjadi maka ganti dengan yang baru atau kanibal dengan sistem mekanis yang sama.

Mengapa hal seperti ini dalam melakukan perbaikan selalu saja diakhiri dengan mengganti yang baru, hal ini semata-mata karena faktor usia dari penggunaan alat tersebut seberapa kuat bertahan, dan dalam waktu tertentu komponen serta beberapa komponen memang layak untuk diganti dengan yang baru mengingat penggantian komponen amat jarang dijual eceran atau satuan.

  1. Lakukan uji coba

Langkah terakir adalah melakukan uji coba inilah proses terpenting dalam melakukan perbaikan. Setelah Anda melakukajn perbaikan atau pergantian komponen dari komponen lama ke komponen yang baru maka sangat diajurkan  untuk melakukan uji coba. Karena sifat air dan sistem mekanis flush dikhawatirkan terdapat ketidak telitian selama pemasangan, sehingga mengakibatkan kebocoran atau disfungsi mekanis. Jika semua berjalan dengan baik, tidak terdapat kebocoran maka perbaikan yang Anda lakukan berhasil.

Demikian ulasan dari kami mengenai cara memperbaiki flush closet duduk rusak yang bisa Anda kerjakan sendiri. Mungkin Anda memiliki cara lain untuk perbaikan yang berbeda dengan apa yang kami tuliskan diatas hal itu sah – sah saja. Karena tujuan akhirnya adalah menormalkan kembali fungsi kerja komponen flush yang bermasalah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *