Cara Memasang Urinoir Di Rumah

Cara Memasang Urinoir Di Rumah Dengan Tepat Akan Hindarkan Kesulitan

Tidak sulit untuk mempelajari cara memasang urinoir di rumah. Urinoir memang sering berada di toilet umum. Tetapi tidak ada salahnya menggunakan alat ini di hunian sendiri. Hal ini karena pemilik rumah dapat memaksimalkan manfaat urinoir.  Manfaat utama adalah urinoir tidak memerlukan penggunaan air berlebihan.

Apalagi keuntungan urinoir? Pemilik rumah yang sibuk dapat memanfaatkannya karena lebih mudah digunakan dan dibersihkan dibandingkan toilet duduk atau jongkok. Selain itu, urinoir juga sangat pas untuk ukuran kamar mandi yang kecil, sehingga tidak terlalu memboroskan tempat. Tentu, dalam hal ini kamar mandi tidak berisikan toilet.

Berikut Cara Memasang Urinoir Di Rumah Dengan Cepat dan Mudah

Memang, tidak semua orang dapat mengerti bagiaman cara pemasangan urinoir di rumah ?. Bagi mereka yang sudah biasa melakukan pekerjaan instalasi peralatan rumah tangga sebelumnya, pasti hal ini lebih mudah. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk instalasi urinoir adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan lapisan dinding yang kuat

Urinoir termasuk instalasi peralatan kamar mandi yang cukup berat. Tentu sangat berbahaya apabila dinding rapuh. Nantinya, dinding akan retak saat tidak lagi dapat menopang urinoir dalam jangka waktu yang panjang.  Jika Anda sedikit ragu, Anda dapat menambahkan papan dengan ukuran lebih besar dari urinoir untuk memberi topangan yang lebih kuat.  Gantungan di bagian atas dapat berupa sekrup di dinding. Sedangkan bagian bawah dapat menggunakan sekrup lag.

  1. Ukur urinoir

Anda dapat memulai mengukur urinoir untuk menentukan dimensi spesifiknya. Ukuran ini harus terletak persis di sebelah pipa saluran menuju luar kamar mandi. Kemudian, gambar di tempat yang tepat di dinding kamar mandi.  Saat mengukur urinoir, pastikan ketinggian yang cukup. Jika ada anak-anak di rumah, tentu Anda harus cermat dalam menempatkan urinoir.

  1. Menentukan letak pipa

Langkah kedua adalah menentukan letak pipa yang menghubungkan air ke dalam, serta pipa untuk limbah keluar dari urinal. Siapkan lubang yang pas di dinding untuk membuat saluran keluar untuk pipa. Cari pipa air dan pipa saluran pembuangan di kamar mandi Anda. Kemudian ukur urinoir Anda untuk menentukan dimensi spesifik, di dekat pipa.  Saat melakukan hal ini, Anda harus mematikan saluran air, sehingga penyambungan urinoir Anda ke pipa tidak terganggu aliran air.

  1. Instalasi dengan tepat dan rapat

Oleskan selotip pipa dan pasang mur dan baut serta paking yang biasanya sudah sepaket dengan urinoir yang Anda beli. Kencangkan collar pipe ke dinding dan pastikan sudah sangat erat. Gantung urinoir menggunakan gantungan dengan posisi pas untuk pipa. Nyalakan air dan uji dengan beberapa penyiraman untuk memastikan semuanya instalasi pipa, mur, dan baut sudah benar.

Tetapi, pengguna harus memastikan bahwa pemasangan sekrup, mur dan baut tidak terlalu kencang. Jika pemasangan terlalu kuat, keramik bisa retak.

Membeli Urinoir Dari Merek Terpercaya

Mayoritas pembeli rumah saat ini sudah menyadari bahwa membeli urinoir yang berkualitas tinggi jauh lebih menguntungkan. Keuntungan pertama adalah daya tahan. Pengguna dapat yakin bahwa urinoirnya tidak akan rusak dalam waktu dekat. Sedangkan keuntungan kedua adalah suku cadang lengkap, serta panduan instalasi yang memudahkan cara memasang urinoir di rumah.

Beberapa merek urinoir yang ternama selalu memberikan tabel lengkap, berisi seri urinoir, lengkap dengan berbagai dimensi. Dimensi yang dimaksud adalah lokasi dimana pengguna dapat menggantung urinoir melalui sekrup. Biasanya ada empat dimensi.

Dimensi “A” adalah titik tengah sekrup pemasangan gantungan utama. Dimensi “B” adalah titik tengah sekrup gantungan ke bagian atas pelek. Dimensi “C” adalah titik atas rim, ke garis tengah outlet. Dimensi “D” adalah titik garis tengah dari sekrup pemasangan bawah.

Instalasi urinoir yang tepat akan mengurangi biaya pemeliharaan secara signifikan. Namun, pengguna harus memastikan bahwa proses pembersihan urinoir harus menggunakan cairan yang aman, dan kain yang lembut. Urinoir yang tergores dapat merusak lapisan luar, dan dapat membuat air merembes dan merusak dinding.

Namun, jika Anda ragu dapat menginstalasi dengan tepat dan benar, Anda perlu menyewa jasa profesional. Meskipun ada biaya tambahan, tetapi teknisi yang tepat dapat memaksimalkan penggunaan urinoir dalam jangka panjang.

Perlukah Ada Urinoir Di Rumah?

Memang, tidak semua pengguna rumah dapat menggunakan urinoir. Tetapi, pemasangan urinoir bisa bermanfaat bagi pria lanjut usia. Terkadang, pria yang sudah lanjut usia merasa kesulitan untuk menggunakan toilet duduk. Namun, penggunaan toilet jongkok juga tidak nyaman, karena aroma kamar mandi pasti tidak sedap.

Cara memasang urinoir di rumah dapat dilakukan pada rumah yang memiliki dua kamar mandi. Hal ini untuk memudahkan pria yang sudah lansia, sehingga tidak perlu menunggu giliran masuk ke kamar mandi. Karena itulah, urinoir sangat bermanfaat, meskipun ukuran kamar mandi tidak terlalu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *