10 Alasan Septic Tank Cepat Penuh Dan Solusinya

10 Alasan Septic Tank Cepat Penuh Dan Solusinya

Seberapa sering Anda harus menguras WC alasan septic tank cepat penuh ? sebagai aturan umum, idealnya Anda harus mengosongkan septic tank setiap 2 hingga 5 tahun sekali.

Namun frekuensi sebetulnya akan berbeda – beda tergantung pada beberapa kondisi yang terjadi di rumah Anda. salah satu pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan kepada pribadi sendiri saat septic tank dirumah Anda menimbulkan masalah adalah kapan terakir kali septic tank Anda dikuras ?

Septic tank secara berkala akan terisi dengan kotoran tinja padat. Black water dibiarkan melewati tangki septic tank dan keluar ke saluran resapan bawah tanah di halaman rumah Anda. setelah tangki penuh dengan limbah padat Anda akan merasakan perubahan kinerja pada toilet, air bersama kotoran akan lambat turun ke dalam lubang kloset sampai kloset benar – benar mampet dan tidak bisa digunakan untuk buang air besar.

Alasan Septic Tank Cepat Penuh Dan Solusinya
Alasan Septic Tank Cepat Penuh Dan Solusinya

Cepat atau lambatnya frekuensi pengurasan seprtic tank tergantung pada beberapa faktor. Yang pertama adalah jumlah penghuni yang tinggal di rumah tersebut. kedua seberapa banyak air limbah yang masuk ke dalam septic tank ? Apakah Anda juga memfungsikan septic tank sebagai tampungan air kotor dari kamar mandi ? memfungsikan septic tank sebagai tampungan tinja dan air buangan sering digunakan oleh masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Mengingat hal tersebut, apa saja tanda septic tank Anda penuh atau penyebab toilet mampet? Di bawah ini adalah lima tanda septic tank cepat penuh dan perlu Anda perhatikan.

  • Genangan air. Jika Anda melihat genangan air di halaman sekitar bidang pembuangan sistem septik, Anda mungkin memiliki tangki septik yang meluap.
  • Pembuangan lambat, kotoran yang lambat turun dari lubang closet.
  • Munculnya bau yang tidak sedap dari tangki septic tank atau closet.
  • Tumbuh rumput yang lebat dan subur di sekitar septic tank.
  • Saluran pembuangan meluap.
Kenapa Septic Tank Cepat Penuh Dan Meluap?

Terdengar akrab dengan masalah diatas? Jangan abaikan! Pertimbangkan alasan berikut mengapa sistem septic tank cepat penuh. Semakin cepat Anda menemukan penyebabnya, semakin cepat Anda dapat mencegah masalah yang lebih besar di masa mendatang. Untuk itu perhatikan hal – hal dibawah ini.

  1. Kapasitas septic tank tidak benar

Jika tangki Anda terus-menerus meluap atau terisi, mungkin itu pertAnda tangki Anda terlalu kecil untuk keluarga Anda.

Biasanya, diasumsikan bahwa ada dua orang yang tinggal di setiap kamar tidur. Diasumsikan juga bahwa setiap individu menggunakan setidaknya 60 hingga 70 galon air per hari. Hasilnya, ukuran yang tepat tangki septik Anda sesuai dengan ukuran rumah Anda.

Tetapi jika keluarga Anda terlalu besar untuk rumah Anda, tangki Anda akan menerima lebih banyak air dari yang seharusnya. Pertimbangkan ukuran septic tank Anda dan pastikan kapasitasnya sesuai untuk keluarga Anda.

Oleh sebab itu sebelum Anda membuat septic tank dirumah Anda usahakan untuk merancangnya terlebih dahulu dengan memperhitungkan volume jumlah limbah yang dihasilkan oleh penghuni. Dengan begitu air limbah yang masuk dan keluar usai proses dekomposisi bisa terjaga seimbang. Selain itu septic tank juga minimal harus terdiri menjadi dua ruangan, satu sebagai tempat penampungan dan satu lagi tempat kedap udara untuk bakteri menguraikan limbah.

Jika volumenya sesuai dengan apa yang masuk dan desainnya tidak satu ruangan, jadi minimal dua ruangan itu biasanya lebih aman dan septic tank tidak cepat penuh.

  1. Terlalu sering terisi limbah

Tangki yang kewalahan tidak terbatas pada kapasitas yang salah. Meskipun tangki Anda berukuran tepat, masih bisa kelebihan muatan.

Dalam hal ini, itu tergantung pada kebiasaan penggunaan air keluarga Anda. Beberapa aktivitas seperti mencuci dan mandi sudah menggunakan banyak air. Jika tugas-tugas ini diulangi dalam beberapa jam, air limbah yang mengalir ke tangki Anda mungkin menyebabkan septic tank cepat penuh.

  1. Penggunaan kimia

Penyebab lain yang mungkin adalah bahan kimia yang keras. Jika produk beracun dikirim ke saluran pembuangan, tangki Anda mungkin terisi dengan sangat cepat.

Bahan kimia ini tidak aman untuk bakteri di sistem septic tank Anda. Bakteri yang penting untuk sistem yang sehat, bertugas mencerna limbah padat. Tanpa bakteri yang cukup, limbah akan menumpuk dan menyebabkan penyumbatan.

Akibatnya, akan ada lebih sedikit ruang untuk air, dan tangki Anda akan cepat terisi.Untuk merawat tangki Anda dengan baik, hindari memasukan bahan kimia berikut ke dalam sistem Anda:

  • Pengencer cat
  • Pelarut
  • Cairan pembersih
  • Bensin
  • Deterjen
  1. Kebocoran septic tank

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kebocoran dapat membuat tangki Anda terisi dengan sangat cepat.

Kebocoran septic tank, misalnya tidak hanya menyebabkan air meluap keluar. Hal itu juga dapat membiarkan air meluap masuk, yang meningkatkan berapa banyak cairan yang mengalir ke dalam tangki Anda.

Luapan juga bisa disebabkan oleh kebocoran pada perlengkapan pipa, seperti toilet atau keran. Jika perlengkapan pipa bocor, Anda akan terus mengalami aliran air yang memasuki sistem septic tank Anda.

Semua orang mengatakan rumput yang baik selalu lebih hijau. Tapi lebih hijau tidak selalu lebih baik. Jika Anda memiliki rumput hijau yang aneh, yaitu keadaan dimana tumbuh rumput sehat ketika tumbuhan atau pepohonan lain mati atau kering, Anda wajib curiga.

Terutama jika rumput yang tumbuh di sekitar septic tank berwarna hijau cerah itu bisa berarti septic tank Anda bocor atau garis lateral Anda menerima terlalu banyak air limbah di hilir dari septic tank dan memenuhi halaman Anda. Anda bahkan mungkin menemukan genangan air atau limbah mentah di halaman Anda, yang merupakan bahaya lingkungan yang harus segera ditangani.

  1. Membuang limbah yang mengandung cairan pembersih

Ketika sedang membersihkan toilet orang – orang menggunakan cairan antiseptik tujuannya supaya toilet terlihat lebih bersih. Jika cairan pembersih tersebut terbawa masuk kedalam lubang kloset dan akan mengalir menuju septic tank dampaknya hal tersebut dapat membunuh bakteri pengurai yang ada di dalam septic tank.

Jadi ketika hendak membersihkan toilet atau WC jangan terlalu sering menggunakan cairan pembersih antiseptik untuk menjaga supaya bakteri di dalam septic tank tidak mati.

  1. Bidang pembuangan rusak

Alasan septic tank cepat penuh mungkin menandakan adanya masalah dengan bidang pembuangan atau drainase Anda.

Ketika air limbah keluar dari tangki, maka akan berakhir di sistem drainase. Di sini, bakteri membersihkan limbah cair dengan memecah kotoran organik. Air yang dimurnikan ini kemudian diserap ke dalam tanah sekitarnya.

Tetapi jika bidang drainase Anda tersumbat atau rusak, itu tidak akan dapat mengalirkan air limbah dengan baik. Limbah cair tidak akan kemana-mana. Selanjutnya, air akan kembali ke tangki, menyebabkannya cepat terisi.

Tanda lain dari masalah bidang drainase termasuk pipa-pipa yang berdeguk, saluran pembuangan yang lambat, bau kotoran, dan titik-titik basah di sekitar halaman. Jika Anda mencurigai saluran pembuangan Andaterjadi masalah, segera hubungi penyedia jasa layanan septic tank.

  1. Ventilasi septic tank tidak terpelihara

Masih banyak orang yang tidak tau lokasi septic tanknya sendiri dirumahnya jika sudah begini otomatis ventilasi septic tank juga tidak terpelihara tertutup sampah, tanah atau bahkan tidak memiliki pipa udara di septic tanknya. Padahal fungsi pipa udara septic tank ini sangat vital sebagai jalan keluar gas hasil penguraian bakteri, jika tidak ada saluran keluarnya maka gas akan menumpuk di dalam septic tank. selain itu juga sebagai masuknya udara dan oksigen kedalam septic tank yang dibutuhkan bakteri pengurai untuk dapat berkembang di dalam septic tank

  1. Musim hujan

Cuaca hujan dapat menyebabkan masalah septic tank karena kelebihan air. Misalnya, jika limpahan selokan bercampur dengan air limbah Anda, septic tank Anda akan lebih cepat terisi. Ini dapat sangat membebani sistem Anda, jadi penting untuk mengetahui ke mana air mengalir selama terjadi hujan.

Hujan juga dapat menyulitkan bidang drainase Anda untuk melakukan tugasnya. Jika kelebihan air menumpuk di area tersebut, air limbah yang dimurnikan akan tersangkut dan akhirnya kembali lagi.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah cuaca, Anda dapat mengontrol penggunaan air saat hujan. Misalnya, membatasi waktu mandi dan cucian selama cuaca hujan dapat mengurangi limpahan ke dalam tangki Anda. maka Anda harus mengetahui 10 Alasan septic tank cepat penuh dan solusi efektifnya.

  1. Tidak rutin melakukan sedot WC

Kebanyakan masyarakat melakukan sedot WC ketika septic tank sudah penuh, hal ini tidak benar sepenuhnya karena sebetulnya septic tank harus rutin dibersihkan sebelum septic tank benar – benar penuh dan tidak bisa lagi digunakan. Septic tank yang akan penuh memiliki tAnda seperti kotoran yang lambat turun, munculnya bau di kloset dll. Jika sudah muncul tAnda seperti itu alangkah lebih baiknya jika Anda segera melakukan sedot WC tanpa harus menunggu kloset mampet dan tidak bisa digunakan sama sekali atau Anda juga bisa menjadwalkan pengurasan septic tank 1 tahun sekali.

  1. Akar pohon

Akar pohon sangat kuat. Mereka memiliki kecenderungan untuk menutup atau menelusuri dengan benar apa pun yang menghalangi jalan mereka. Jika Anda tidak berhati-hati, sistem septic tank Anda bisa terganggu jika berada di halaman belakang yang subur akan pepohonan.

Setelah memahami kenapa septic tank cepat penuh, berarti Anda bisa memikirkan apa yang sebenarnya terjadi pada septic tank rumah Anda. Segera atasi permasalahannya secara mandiri atau memanggil jasa layanan sedot WC.

Maka dengan demikian, jika Anda merasa membutuhkan jasa kami untuk penyedotan WC, pembuatan septic tank kami siap untuk membantu Anda sampai tuntas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *