Menemukan Letak Septic Tank

Menemukan letak Septic Tank

Septic tank merupakan hal yang harus ada dalam sebuah rumah. Kita semua tentu sudah mengetahui bahwa septic tank sendiri memiliki fungsi untuk menampung kotoran atau tinja manusia agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Namun, tahukah Anda bahwa mengetahui dimana letak sebuah septic tank merupakan hal yang tidak kalah pentingnya untuk diketahui. Pasalnya tidak semua orang bisa dengan mudah menemukan letak septic tank tanpa mengetahui caranya.

Di perkotaan sendiri, biasanya banyak orang yang lebih memilih membeli rumah yang sudah langsung jadi maupun rumah yang berada diperumahan. Tidak heran jika Mereka tidak mengetahui dimana letak septic tank yang ada dirumah Mereka.

Menemukan Letak Septic Tank
Menemukan Letak Septic Tank

Biasanya, septic tank untuk rumah diperkotaan maupun perumahan dibuat dibawah keramik. Untuk itu disini Kami akan mengulas mengenai teknik menemukan letak septic tank yang akan berguna bagi Anda agar tidak perlu repot-repot mencarinya saat septic tank ketika mengalami permasalahan. Dengan begitu ini jelas akan memudahkan Anda ketika nantinya ingin melakukan penyedotan WC.

Teknik Mencari Letak Septic Tank

Mengingat diperkotaan, letak septic tank dirumah terkadang memang berada di bawah lantai keramik membuat menemukannya harus menggunkan teknik yang tidak sembarang dilakukan. Nah berikut ini teknik yang bisa Anda coba:

  1. Memukul ujung linggis ke keramik

Karena terbatasnya lahan diperkotaan, dibuatlah septic tank dibawah lantai. Hal tersebut tentu sangat menyusahkan Anda ketika ingin menyedot wc atau menguras septic tank. Namun Anda tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan teknik dengan memukul ujung linggis ke keramik untuk menemukan letak septic tank dirumah Anda. Lakukanlah hal tersebut dengan pelan agar tidak membuat keramik lantairumah Anda pecah. Jika pukulan tersebut berbunyi nyaring berarti letak septic tank ada dibawah keramik tersebut.

  1. Mencari lubang udara septic tank

Teknik selanjutnya, Anda bisa mencoba mencari lubang udara septic tank dirumah Anda. Biasanya, saluran udara septic tank dibuat dengan pipa paralon yang ditanamkan kebawah tanah. Biasanya dilantai akan tampak paralon kecil yang merupakan saluran udara septic tank. Nah jika Anda menemukannya, bisa dipastikan bahwa septic tank yang Anda cari letaknya ada di bawah lantai tersebut.

  1. Mencopot closet

Jika kedua teknik diatas belum berhasil, Anda bisa mencoba teknik ketiga ini yaitu dengan cara mencopot kloset. Anda bisa mencoba mencopot kloset dengan hati-hati agar bisa mengetahui kemana arah pipa menuju ke saluran pembuangan.

Setelah Anda mengetahui letak septic tank yang ada dirumah Anda, Anda juga harus melakukan perawatan septic tank dirumah Anda. Berikut ini perawatan septic tank yang harus Anda lakukan.

  • Melakukan pengurasan septic tank 1- 2 tahun sekali

Agar septic tank yang ada dirumah Anda tidak mengalami permasalahan, sebaiknya lakukan pengurasan septic tank 1 -2 tahun sekali. Anda bisa melakukan perawatan ini dengan meminta bantuan kepada jasa sedot wc atau orang yang memang sudah ahli untuk menguras septic tank.

  • Hindari membuang sesuatu yang tidak dapat terurai di dalam septic tank

Untuk menjaga septic tank agar tetap bisa digunakan, hindari membuang sesuatu yang tidak bisa terurai di dalam septic tank seperti putung rokok, diapers, dan sampah-sampah plastik ke dalam kloset karena bisa membuat septic tank cepat penuh.

Demikian ulasan mengenai teknik menemukan letak septic tank yang bisa Anda coba. Dengan mempraktekkan teknik yang tela dijelaskan diatas, diharapkan Anda tidak akan menemui kesulitan ketika Anda ingin menguras septic tank Anda.

One comment on “Menemukan Letak Septic Tank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *