Biaya Pemasangan Bio Septic Tank

Biaya Pemasangan Bio Septic Tank

Banyak pemilik hunian ataupun pemilik bisnis yang ingin mengetahui biaya pemasangan bio septic tank. Mereka sudah mengetahui keuntungan penggunaan bio septic tank  untuk kebutuhan pembangunan kamar mandi sekaligus toilet. Penggunaan septic tank biasa mungkin masih saja dipertimbangkan oleh banyak orang.  Namun demikian, semakin banyak orang sadar lingkungan dan berhemat dengan memanfaatkan bio septic tank.

Biaya Pemasangan Bio Septic Tank
Biaya Pemasangan Bio Septic Tank
Ketahui Secara Detail Sebelum Mengetahui Biaya Pemasangan Bio Septic Tank

Bio septic tank merupakan tangki septik dengan bahan fiberglass kuat dan tahan lama. Fungsinya sama dengan tangki septik konvensional. Namun, produk ini hadir lengkap untuk mengolah air limbah rumah tangga.

Apa bedanya? Bio septic tank memaksimalkan sistem penguraian secara canggih. Sistem penguraian dilakukan dengan penggunaan biofilter. Dengan demikian, hasil penguraian limbah dapat langsung dibuang tanpa khawatir air tersebut akan mencemari air tanah dan lingkungan sekitar.

Fungsi dari bio septic tank cukup banyak dan memiliki manfaat lebih dibandingkan dengan tangki septik konvensional. Tangki septik bio dapat menjaga air limbah yang sudah difilter untuk dibuang meski tidak harus mencemari air tanah. Dengan demikian ekosistem sekitar hunian akan tetap terjaga.

Banyak penyedia bio septic tank yang sudah memenuhi standar pengolahan limbah rumah tangga. Mereka sudah menyiapkan teknisi yang juga dapat melakukan instalasi sesuai dengan sistem instalasi yang memenuhi syarat Pengolahan Air Limbah atau IPAL.

Keuntungan Maksimal Penggunaan Bio Septic Tank

Mereka yang masih memiliki konsep asal punya septic tank mungkin perlu mempertimbangkan keuntungan penggunaan bio septic tank.  Beberapa keuntungan yang dapat dinikmati pemilik hunian atau bisnis adalah:

  1. Berkurangnya potensi pencemaran air tanah

Dengan bahan septic tank yang berasal dari fiberglass yang kuat dan anti tembus, tentu air tanah dijamin tidak akan tercemar limbah manusia. Septic tank konvensional biasanya terbuat dari batu bata atau beton. Bahan ini masih dapat ditembus oleh air sehingga air limbah dapat mencemari tanah apabila septic tank mengalami kerusakan.  Selain itu, penyaringan dari septic tank konvensional dilakukan dengan ijuk, di bagian luar dari tangki septik.

  1. Berkurangnya potensi aroma tak sedap yang muncul

Terkait dengan berkurangnya potensi pencemaran air tanah karena bahan plastik atau fiberglass yang anti tembus, tentunya hasil limbah telah disaring dengan baik sehingga tidak mengeluarkan bau.  Dengan demikian, pilihan bio septic tank dapat menjadi pertimbangan utama untuk investasi jangka panjang.

  1. Aman untuk lingkungan

Bio septic tank sudah dirancang untuk dapat membuang limbah dengan aman. Air buangannya sudah tersaring sehingga limbah tidak tercampur saat air dibuang ke tanah. Pastinya pertimbangan ini berpengaruh pada harga septic tank dari bahan fiberglass berkualitas ini. Meski demikian, harga tersebut sangatlah terjangkau dan dapat memberikan investasi terbaik untuk hunian ataupun usaha.

  1. Fleksibilitas daya tampung

Pemilik hunian dapat memilih jenis bio septic tank dengan varian ukuran sesuai kebutuhan. Saat ini, banyak sekali produk tangki septik bio yang hadir dengan berbagai ukuran serta harga.

Meski bukan berarti yang terbesar adalah yang termahal. Tetapi, pilihan tersebut biasanya tergantung kualitas bahan baku produk.  Ukuran bio septic tank beragam dari yang terkecil biasanya adalah 500 liter. Sedangkan produk terbesar dapat mencapai 6000 liter.

  1. Kemudahan instalasi

Biaya pemasangan bio septic tank dengan bahan fiberglass sangatlah mudah. Selain itu, biaya perawatan juga sangat kecil.  Bandingkan dengan septic tank yang terbuat dari batu bata atau beton.  Pemilik hunian hanya perlu membeli septic tank dari fiberglass tersebut dimana penyedia barang akan menyediakan teknisi untuk instalasi. Proses yang diperlukan tidaklah lama.

Terlebih, pemeliharaan yang murah karena daya tahan tangki septik yang tinggi juga membuat pemilik semakin menghemat anggaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaannya sangat sesuai untuk pelaku bisnis yang harus memiliki tangki septik tahan lama sekaligus low maintenance.

  1. Pemeliharaan rendah

Terkait dengan low maintenance atau pemeliharaan rendah, pemilik bio septic tank tak perlu melakukan sedot WC. Siapapun yang menggunakan tangki septik konvensional pasti sudah pernah menyewa jasa sedot WC untuk membersihkan tangki septik secara rutin. Dapat dibayangkan berapa anggaran yang harus dikeluarkan oleh pemilik hunian setiap lima tahun sekali.  Dengan adanya bio septic tank, pemeliharaan dalam hal sedot WC dapat dihindari.

Mahalkah Anggaran Yang Diperlukan Untuk Menggunakan Bio Septic Tank?

Mungkin banyak orang terkejut karena  biaya pemasangan bio septic tank ternyata tak semahal yang mereka bayangkan. Biasanya, mereka yang sudah mengetahui keuntungan yang diberikan oleh tangki septik bio ini mengira bahwa harga tangki septik ini mahal. Padahal sebaliknya, justru pemilik hunian atau bisnis dapat menghemat anggaran secara signifikan.

Kisaran harga bio septic tank dengan ukuran terkecil 500 liter adalah di bawah Rp 2.000.000.  Sedangkan ukuran yang mencapai 2.000 liter juga terjangkau yaitu berada pada kisaran Rp 6.000.000.  Tentu saja ukuran dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan jumlah penghuni.

Sedangkan untuk instalasi tentu tidak sebanyak tangki septik konvensional.  Pemilik hunian hanya perlu menyewa tukang atau pekerja dengan biaya per orang hanya kurang lebih Rp 100.000 sebanyak dua atau tiga orang. Tidak perlu ada biaya membeli batu bata atau beton dan kerangkanya.  Bahkan biasanya, penyedia bio septic tank juga menyediakan teknisi dengan harga sepaket dengan pembelian bio septic tank.

Biaya pemasangan bio septic tank yang murah serta pemeliharaan yang rendah dapat Anda pertimbangkan. Selain menghemat anggaran, Anda pun sudah berkontribusi pada pemeliharaan lingkungan.

One comment on “Biaya Pemasangan Bio Septic Tank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *