Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2022

Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2022

Air bersih merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh semua orang untuk menjalankan hidup setiap harinya. Banyak sekali kegiatan rumah tangga yang membutuhkan air bersih. Untuk bisa menggunakan air bersih, masyarakat bisa menggunakan jasa dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang bertugas untuk mendistribusikan air bersih di berbagai daerah.

Terlebih lagi PDAM juga biasanya menawarkan ketersediaan air bersih yang lebih stabil dengan tagihan bulanan cukup terjangkau bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Namun sayangnya, terdapat beberapa tempat yang masih belum terjangkau oleh akses jaringan pipa PDAM.

Meskipun demikian, bagi warga Surabaya saat ini pengajuan dalam pemasangan PDAM baru dapat dilakukan dengan mudah, asalkan memenuhi semua syarat serta ketentuannya. Salah satu syarat utama pada saat pasang baru PDAM yaitu membayarkan biaya jasa pemasangannya.

Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2022
Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2022

Oleh sebab itu, jika berencana untuk memasang PDAM baru khususnya bagi warga Kota Surabaya, penting untuk mengetahui terlebih dahulu berapa besaran tarif pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap rincian biaya pasang baru PDAM Surabaya 2022 beserta syarat dan cara mengurusnya.

Syarat Mengurus Pemasangan PDAM Surabaya 2022

Masyarakat yang ingin menggunakan jasa dari PDAM Kota Surabaya bisa menyesuaikan tipe langganan sesuai dengan tipe rumah. Sebelum menggunakan PDAM untuk air bersih di rumah, pastikan Anda sudah cek peraturan yang telah ditentukan dari PDAM karena peraturan di setiap daerah berbeda.

  1. Mengisi formulir pendaftaran PDAM

Langkah pertama untuk mengurus pemasangan PDAM adalah mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan beberapa dokumen. Dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP atau fotokopi akta pendirian perusahaan
  • Fotokopi AJB (Akta Jual Beli)
  • Fotokopi PBB tahun terakhir atau surat keterangan dari kelurahan setempat
  • Menyertai materai Rp6.000
  • Menyerahkan surat kuasa jika mewakili instansi atau perusahaan
  1. Mendatangani SPL

Setelah itu Anda harus menandatangani Surat Permohonan Langganan (SPL) yang merupakan dasar perjanjian antara calon pelanggan air bersih dan pihak PDAM. Isi dari SPL adalah penjelasan terperinci mengenai kewajiban, hak, dan tanggung jawab baik dari pihak pelanggan maupun PDAM.

  1. Membayar biaya pendaftaran

Untuk menggunakan jasa PDAM, Anda akan dikenakan biaya pendafataran sebesar Rp50.000. Jika suatu saat Anda ingin membatalkan permintaan untuk berlangganan, biaya pendaftaran tersebut tidak bisa dikembalikan.

  1. Survey bangunan

Selanjutnya pihak PDAM akan melakukan survey pada lokasi yang akan dipasangkan PDAM. Survey ini dilakukan agar pihak PDAM bisa memastikan bahwa bangunan yang akan dipasangkan pipa PDAM masuk ke dalam jangkauan perusahaan dan sumber air. Selain itu, survey ini juga digunakan untuk menentukan tipe bangunan agar tahu jenis pipa yang akan digunakan dan biayanya.

  1. Membayar biaya pemasangan PDAM

Karena biaya pemasangan pipa berbeda untuk setiap daerah, maka pihak PDAM akan menentukan biaya sesuai dengan biaya yang akan disebutkan di bawah ini:

  • Biaya peralatan
  • Biaya pemeliharaan jaringan
  • Biaya tanggungan air
  • Biaya administrasi
  • Biaya perencanaan
  • Biaya sambungan (pekerjaan tanah dan perbaikan fasilitas rumah, upah pemasangan, dan biaya transport)
  1. Memberikan bukti pembayaran

Setelah Anda membayar biaya pemasangan yang telah ditentukan, Anda harus memberikan bukti pembayaran pemasangan. Cara pembayarannya beragam dan ditentukan berdasarkan persyaratan dan ketentuan dari PDAM di masing-masing daerah. Oleh karena itu, Anda bisa cek di situs resmi PDAM daerah Anda.

  1. SPK (Surat Perintah Kerja)

Surat ini akan dikeluarkan oleh pihak PDAM setelah pelanggan sudah melakukan pembayaran, menyerahkan bukti pembayaran, dan pihak PDAM telah melakukan survey bangunan.

  1. Pemasangan sambungan baru

Jika semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan, pihak PDAM akan melakukan pemasangan sambungan pipa PDAM. Pemasangan ini umumnya akan dilakukan paling lambat 6 hari kerja setelah bukti pembayaran telah diserahkan.

Cara Mengurus Pemasangan PDAM Surabaya 2022

Setelah memenuhi semua berkas – berkas persyaratan pasang baru PDAM di Kota Surabaya, selanjutnya Anda juga harus mengerti bagaimana tata cara pengajuannya. Maka dari itu, sebelum membahas biaya pasang baru PDAM Surabaya 2022 lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu prosedur pendaftarannya.

  1. Kunjungi situs pendaftaran online

Langkah pertama yaitu kunjungi situs pendaftaran pemasangan PDAM baru Kota Surabaya di https://www.pdam-sby.go.id pada halaman utama tersebut nantinya akan ada menu pendaftaran pasang baru PDAM secara online.

  1. Isi formulir pendaftaran

Selanjutnya yaitu mengisi formulir pendaftaran pasang baru PDAM di menu Pelanggan Pasang Baru. Lengkapi semua data pengajuan mulai dari nama , alamat hingga nomor HP pemohon.

  1. Unggah dokumen persyaratan

Tahap selanjutnya yaitu mengunggah dokumen persyaratan seperti KTP, KSK, PBB, rekening listrik hingga Surat Tanah. Pastikan bahwa ukuran file tersebut tidak melebihi 300 Kb. Jika sudah berhasil, nantinya pemohon akan mendapatkan nomor pendaftaran sementara. Simpan nomor tersebut sampai ada konfirmasi jawaban dari pihak PDAM Surabaya.

  1. Cek status pasang baru PDAM Surabaya

Jika pendaftaran pasang baru PDAM Surabaya disetujui, nantinya pemohon akan mendapatkan nomor pendaftaran baru melalui notifikasi SMS. Pemohon juga bisa mengecek status pemasangan baru PDAM pada halaman https://www.pdam-sby.go.id/pasang_baru/monitoring.

Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2022

Ketika Anda memasang jaringan PDAM baru, terdapat beberapa biaya yang perlu dipersiapkan, seperti biaya pendaftaran serta tarif pemasangan. Besaran biaya pendaftaran pasang baru PDAM di Kota Surabaya kurang lebih sekitar Rp 50.000.

Selain itu, Anda juga akan dikenai biaya pasang baru PDAM Surabaya 2022 sebesar Rp 1.750.000. Menariknya lagi, pihak PDAM Surabaya kerap mengadakan program berupa diskon pasang baru PDAM bagi masyarakat.

Umumnya besaran diskon tersebut disesuaikan dengan daya listrik pelanggan, entah itu listrik rumah tangga, listrik sosial, ruko, kos ataupun tempat usaha lainnya. Perlu diingat bahwa diskon tersebut tidak berlaku untuk pelanggan di kawasan real estate perumahan.

Selain itu, khusus untuk ruko, kos dan tempat usaha lainnya akan dikenakan Biaya Sarana Investasi (BSI) apabila jaringan di depan persil tersebut merupakan bantuan PDAM Kota Surabaya. Jadi, sebaiknya siapkan biaya melebihi estimasi di atas untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu di luar dugaan.

Saat ini pemerintah Kota Surabaya semakin memudahkan warganya ketika hendak melakukan pembayaran tagihan PDAM dengan cara menyediakan ribuan loket pembayaran online PPOB di masing – masing daerah. Terlebih lagi pihak PDAM Surabaya juga bekerjasama dengan beberapa penyedia jasa layanan pembayaran diantaranya fasilitas e-channel perbankan, Indomaret, Alfamart, atau Anda juga bisa datang langsung ke Kantor pusat PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Jl Prof Dr Moestopo No 2 dan Kantor PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Jl Basuki Rahmat 119-121.

Tips Agar Pengajuan Pemasangan PDAM Baru Diterima

Meskipun sebenarnya tata cara mengurus pemasangan PDAM di Kota Surabaya tergolong mudah, namun masih ada sebagian orang yang mengeluhkan bahwa pengajuan mereka tidak disetujui. Biasanya penolakan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu dokumen persyaratannya tidak lengkap.

Maka dari itu, periksa dengan teliti semua berkas persyaratan sebelum melakukan pengajuan pemasangan PDAM baru. Selain itu, pastikan juga bahwa lokasi pemasangan juga masuk ke dalam jangkauan jaringan PDAM. Jangan lupa untuk melunasi tagihan pemasangan PDAM baru sehingga nantinya tidak akan ada kendala pada saat proses pelaksanaannya.

Demikian penjelasan seputar biaya pasang baru PDAM Surabaya 2022 beserta syarat dan cara pengajuannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mengurus pemasangan PDAM baru di Kota Surabaya.

One comment on “Biaya Pasang Baru PDAM Surabaya 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *